//

ANALISIS FRAGMENTASI MENGGUNAKAN IMAGE ANALYSIS PHOTOGRAPHY DAN MODEL KUZ-RAM TERHADAP BATUAN HASIL PELEDAKAN DI PT. HOLCIM INDONESIA, NAROGONG, JAWA BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Iqbal Januari Pratama - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Metode pengeboran dan peledakan diterapkan di PT. Holcim Indonesia untuk memberai batuan pada kegiatan penambangan batugamping. Batugamping digunakan sebagai bahan baku produksi semen. Penelitian berlangsung di area Kamuning Santos dan Kamuning Karung, Narogong, Jawa Barat. Dalam kegiatan peledakan, fragmentasi batuan hasil peledakan diharapkan berukuran tidak lebih dari 150 cm sebanyak 5%, di mana ukuran ini disesuaikan dengan kemampuan alat peremuk batuan dalam menerima umpan. Untuk mengetahui distribusi ukuran fragmentasi batuan hasil peledakan, dilakukan pengukuran fragmentasi batuan secara langsung menggunakan perangkat lunak Split-Desktop serta dilakukan prediksi ukuran fragmentasi batuan menggunakan model Kuz-Ram. Pada pengamatan di lapangan tidak ditemukan hasil fragmentasi batuan yang berukuran ≥ 150 cm sebanyak 5%. Perbandingan antara pengukuran aktual di lapangan dengan prediksi menggunakan model Kuz-Ram dilakukan untuk mengetahui seberapa tepat prediksi menggunakan model Kuz-Ram. Hasil perbandingan menunjukan bahwa hasil prediksi model Kuz-Ram mendekati hasil pengukuran aktual sebanyak 60%. Dengan penerapan geometri peledakan aktual adalah burden 4.5 m, spasi 5 m, stemming 3 m, subdrilling 1 m, powder charge 6 m, kedalaman lubang ledak 9 m, memberikan nilai powder factor rata-rata sebesar 0,34 kg/Bcm. Hasil peledakan menunjukkan fragmentasi batuan telah memenuhi ekspektasi perusahaan. Namun penggunaan geometri saat ini dapat lebih dimaksimalkan dengan menggunakan teori R.L Ash. Untuk itu, rekomendasi geometri peledakan adalah burden 4.8 m, spasi 5.5 m, stemming 3.5 m, subdrilling 1.5 m, powdercharge 6 m, kedalaman lubang ledak 9.5 m dengan powder factor sebesar 0.30 kg/Bcm. Dari usulan geometri peledakan didapatkan penurunan powder factor dari 0.34 kg/Bcm menjadi 0.30 kg/Bcm. Kata kunci: Peledakan, fragmentasi batuan, persentase, model Kuz-Ram, Split-Desktop

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

VALIDASI DISTRIBUSI FRAGMENTASI HASIL PELEDAKAN DENGAN METODE KUZ-RAM DAN SPLIT DESKTOP SOFTWARE PADA PT. LAFARGE HOLCIM, ACEH BESAR (Muhammad Chandra F, 2017)

ANALISIS GEOMETRI PELEDAKAN BATUAN ANDESIT TERHADAP UKURAN FRAGMENTASI 60 CM GUNA MEMENUHI TARGET PRODUKSI CRUSHER DI BUKIT TAPUAN PT. BUKIT ASAM TBK, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN (INDAH ARISKA, 2019)

PERBANDINGAN METODE PENDEKATAN PREDIKSI KUZ-RAM MODEL DENGAN DIGITAL IMAGE ANALYSIS TERHADAP UKURAN FRAGMENTASI HASIL PELEDAKAN (Bella Hazmelia, 2017)

REDESIGN GEOMETRI PELEDAKAN PADA BATUAN ANDESIT UNTUK MENGOPTIMALKAN FRAGMENTASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP BIAYA OPERASIONAL PELEDAKAN DI LOKASI TOWNSITE BASECAMP (TSBC) PT BUKIT ASAM TBK (Yudi Sandy Pratama, 2018)

ANALISIS PREDIKSI FRAGMENTASI PELEDAKAN TAMBANG BAWAH TANAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ROCK ENGINEERING SYSTEM (RES) DI TAMBANG CIURUG L 600 PT. ANEKA TAMBANG UBPE PONGKOR, JAWA BARAT. (T. Arief Mulki, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy