//

ANALISA KOMPOSISI MINERAL DI LOKOP ACEH TIMUR SERTA UJI PEMANFAATANNYA SEBAGAI KATALIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang nurul fadhillah - Personal Name
SubjectCATALYSIS
MINERALS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN PENGETAHUAN ALAM
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi mineral batuan di Lokop Aceh Timur. Hasil karakterisasi mineral dengan XRD menunjukkan bahwa komposisi mineral terbanyak dalam batuan Lokop Aceh Timur adalah kuarsa. Hasil XRF memperlihatkan bahwa senyawa SiO2 merupakan komponen utama dalam mineral tersebut dengan kadar yang sangat tinggi, yakni 55,67%. Ekstraksi silika dari mineral batuan Lokop dilakukan dengan menghilangkan senyawa-senyawa selain SiO2 yang terdapat dalam batuan tersebut, pembentukan natrium silikat dengan menggunakan larutan NaOH 2M, 3M dan 4M, dan pengendapan kembali silika dilakukan dengan penambahan larutan HCl 3M. Konsentrasi NaOH sangat berpengaruh terhadap rendemen silika, sehingga rendemen silika terbesar terjadi pada NaOH 4M, yaitu 3,8%. Silika yang telah diekstraksi digunakan sebagai penyangga katalis dengan tembaga sulfat sebagai larutan prekursor. Preparasi katalis CuO/SiO2 dilakukan dengan metode impregnasi basah yang menggunakan konsentrasi 10% dari prekursor CuSO4.5H2O. Katalis yang dihasilkan dikarakterisasi dengan AAS dan XRD. Hasil AAS menunjukkan bahwa jumlah kandungan Cu pada katalis CuO/SiO2 sebesar 78,350 ppm. Data XRD memperlihatkan bahwa CuO telah terimpregnasi ke dalam penyangga katalis (silika), hal ini dapat dilihat dari nilai karakteristik pada 2θ yang diperoleh membuktikan terjadinya pembentukan CuO. Katalis CuO/SiO2 diuji keaktifannya dalam reaksi dehidrogenasi etanol, di mana katalis dan etanol direfluks selama 3 jam. Hasil yang diperoleh dianalisis dengan FT-IR untuk mengidentifikasi adanya senyawa asetaldehid. Berdasarkan hasil analisis, asetaldehid yang dihasilkan sangat sedikit dan masih mengandung etanol. Kata kunci : mineral, silika, katalis, dehidrogenasi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS POTENSIAL AGREGAT UNTUK MATERIAL CAMPURAN BETON PADA QUARRY DESA LOKOP KABUPATEN ACEH TIMUR (Rizki Irwinsyah Putra, 2017)

PREPARASI KATALIS NIO/NBOPO4 UNTUK PRODUKSI BIOFUEL SEBAGAI ENERGI TERBARUKAN DARI MINYAK BINTARO (NURHAZANAH, 2019)

ANALISIS POTENSIAL AGREGAT PASIR UNTUK MATERIAL CAMPURAN BETON PADA QUARRY DESA LOKOP KABUPATEN ACEH TIMUR (Iklasul amal, 2017)

OPTIMASI PRODUKSI BIODIESEL DENGAN KATALIS PADAT DARI ABU KULIT DURIAN MENGGUNAKAN RESPONSE SURFACE METHODOLOGY (FITRIANI, 2020)

PENGARUH KOMPOSISI ABU SEKAM PADI TERHADAP KUAT TEKAN KOMPOSIT KERAMIK TANAH LIAT-PASIR BESI-ABU SEKAM PADI (Andia Fatmaliana, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy