PENGARUH AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU FUNSI ALAJABAR DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU FUNSI ALAJABAR DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH


Pengarang

Fitria Rahmita Sari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103020060

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pembelajaran yang mengutamakan kerjasama antar siswa dalam kelompok-kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaraan kooperatif mempunyai beberapa tipe, diantaranya Problem Based Learning (PBL). Dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat memacu pengaruh aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul ”Pengaruh Aktivitas Siswa Kelas Terhadap Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar di kelas XI SMA Laboratorium Unsyiah”. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh aktivitas siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Laboratorium Unsyiah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) pada materi Integral Tak Tentu. Jenis penelitian ini Pre Exprimental dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Laboratorium Unsyiah, sedangkan sampel diambil satu kelas yaitu XI IA3 yang diterapkan model Problem Based Learning (PBL). Pengumpulan data dilakukan dengan tes,observasi aktivitas siswa, observasi kemampuan guru mengelola pemlajaran, dan angket respon siswa. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji Chi-kuadrat dan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan anlisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh aktivitas yang positif dengan hasil belajar siswa kelas XI SMA Laboratorium Unsyiah pada materi Integral Tak Tentu melalui model pembelajran Problem Based Learning (PBL) dan siswa memberikan respon positif terhadap pembelaran Integral pada model Problem Based Learning (PBL).

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK