//

PERILAKU BERBIAK BURUNG KUNTUL KECIL (EGRETTA GARZETTA) DI DESA TIBANG, KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rachmat Wahid Churniadi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian di kawasan tambak Desa Tibang, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh untuk menjelaskan perilaku berbiak Burung Kuntul Kecil (Egretta garzetta) dari bulan Desember 2015 sampai April 2016. Penelitian ini menggunakan metode Focal Animal Sampling. Parameter yang diukur adalah perilaku mengundang pasangan, perilaku membuat sarang, perilaku bertelur, dan perilaku merawat anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas dari perilaku berbiak Burung Kuntul Kecil (E. garzetta) dibagi dalam dua tahap, yaitu aktifitas berbiak pra kopulasi dan aktifitas berbiak pasca kopulasi. Total proporsi waktu keseluruhan aktifitas berbiak selama 81.842 menit dengan total waktu rata-rata selama 20.461 menit. Aktifitas berbiak pra kopulasi dimulai dari perilaku mencari pasangan yang terdiri dari karakteristik pendekatan betina oleh jantan, karakteristik mengeluarkan irama tertentu, dan karakteristik bercumbu dengan total proporsi waktu selama 4.529 menit (5%). Aktifitas pasca kopulasi dimulai dari perilaku membuat sarang, dimana tugas pengambilan bahan sarang dilakukan oleh induk jantan dan penyusunan bahan sarang dilakukan oleh induk betina, dengan total proporsi waktu aktifitas selama 19.580 menit (24%) dan jumlah sarang yang diamati selama penelitian berjumlah lima sarang. Perilaku bertelur, pada sarang pertama didapati 2 telur, sarang kedua 2 telur, sarang ketiga 1 telur, sarang keempat 2 telur, dan sarang kelima 1 telur, dengan total proporsi waktu aktifitas selama 22.226 menit (27%). Perilaku merawat anak, masing-masing satu ekor anak burung dari kelima sarang pengamatan berhasil lepas sarang, dengan total proporsi waktu selama 35.777 menit (44%). Kata kunci : Burung Kuntul Kecil (Egretta garzetta), Desa Tibang, Perilaku berbiak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERILAKU MAKAN BURUNG KUNTUL KECIL (EGRETTA GARZETTA) BERDASARKAN JUMLAH PATOKAN JANTAN DAN BETINA PADA HABITAT MANGROVE DAN PERSAWAHAN (INTAN ZAHARA, 2016)

KESELINGKUPAN RELUNG MAKANAN TIGA JENIS BURUNG KUNTUL DI KAWASAN MANGROVE GAMPONG TIBANG KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Isnandar, 2018)

DESKRIPSI LOKASI MAKAN (FEEDING SITE) TIGA SPESIES BURUNG KUNTUL DALAM KAWASAN KECAMATAN BAITUSSALAM DAN KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (ERSA FEBRIANA, 2014)

PERILAKU HARIAN BURUNG KUNTUL KECIL (EGRETTA GARZETTA) DI KAWASAN MANGROVE ALUE NAGA KOTA BANDA ACEH (Rizky Ahadi, 2017)

PERILAKU HARIAN BURUNG KUNTUL KECIL (EGRETTA GARZETTA) DI KAWASAN MANGROVE ALUE NAGA KOTA BANDA ACEH (Rizky Ahadi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy