//

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN MELALUI TEKNIK POLAMATIKA BAGI SISWA KELAS III SD NEGERI KEUDE BIENG ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nur Aida - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Hasil belajar, Teknik Polamatika Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Melalui Teknik Polamatika Bagi Siswa Kelas III SD Negeri Keude Bieng Aceh Besar”. Perkalian merupakan salah satu operasi hitung dalam matematika. Konsep perkalian yaitu penjumlahan berulang suatu bilangan. Salah satu cara yang digunakan untuk menyelesaikan soal perkalian adalah cara bersusun. Perkalian bersusun merupakan cara yang digunakan untuk menentukan hasil perkalian suatu bilangan dengan teknik menyimpan. Siswa sering keliru dalam menggunakan kembali angka yang telah disimpan dari perkalian sebelumnya. Sebagai alternatif teknik polamatika dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal perkalian. Yang menjadi rumusan masalah dalam penilitian ini adalah bagaimanakah penerapan teknik polamatika untuk meningkatkan hasil belajar pada materi perkalian bagi siswa kelas III SD Negeri Keude Bieng?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik polamatika yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami materi perkalian di kelas III SD Negeri Keude Bieng yang berjumlah 26 siswa. Adapun manfaat penelitian ini adalah dapat membantu siswa dalam menghadapi kesulitan-kesulitan dalam perkalian, memberikan motivasi siswa dalam berpikir kritis, kreatif, dan inovatif untuk meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, tindakan, pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Keude Bieng. Data yang diperoleh berupa hasil tes dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (69%), siklus II (80%), dan siklus III (92%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah perkalian melalui teknik polamatika dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian. Disarankan siswa dilatih untuk teliti dalam menyelesaikan soal perkalian.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER KEPRAMUKAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA DI SD NEGERI UNGGUL KEUDE BIENG KABUPATEN ACEH BESAR (AFDAL HAINI, 2021)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGOLAHAN DATA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS VI SDN LABUY ACEH BESAR (Nurhayati, 2014)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI MAN BLANGPIDIE (Samsulimi, 2017)

PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA PADA PERKALIAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SD NEGERI JRUEK ACEH BESAR (Nurul Adina Putri, 2019)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 14 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013 (IIN ZIKRA MAULIDA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy