PERSEPSI MASYARAKAT LUAR PROVINSI ACEH TERHADAP TRADISI PERAYAAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERSEPSI MASYARAKAT LUAR PROVINSI ACEH TERHADAP TRADISI PERAYAAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Nurul Fajar - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1110102010074

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Perayaan maulid Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu tradisi yang masih melekat dalam kebudayaan masyarakat Indonesia khususnya bagi masyarakat Aceh. Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kota Banda Aceh selalu diwarnai dengan kemeriahan yang berbeda dibanding dengan daerah lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat luar Provinsi Aceh dan pengaruh terhadap perayaan tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan populasi yang digunakan adalah seluruh masyarakat luar Aceh yang tinggal di Aceh. Jumlah sampel yang digunakan adalah 96 orang dengan menggunakan teori SOR dalam menentukan hasil penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampling Aksidental adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan hasil bahwa antara variabel saling berpengaruh satu sama lain, hal ini di dapatkan dari hasil korelasi yang menunjukkan nilai korelasi antar variabel X dan Y adalah sebesar 0,294 bertanda positif dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga kemudian dapat diartikan bahwa antara satu variabel dengan variabel yang lain saling berpengaruh. Dari kedua aspek persepsi, yang paling berpengaruh adalah persepsi positif yaitu sebesar 4,3%.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK