PENENTUAN RUTE OPTIMAL DISTRIBUSI PRODUK MENGGUNAKAN ALGORITMA CLARKE AND WRIGHT SAVINGS. (STUDI KASUS: PT BINA USAHA PRATAMA, KAJHU, ACEH BESAR). | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENENTUAN RUTE OPTIMAL DISTRIBUSI PRODUK MENGGUNAKAN ALGORITMA CLARKE AND WRIGHT SAVINGS. (STUDI KASUS: PT BINA USAHA PRATAMA, KAJHU, ACEH BESAR).


Pengarang

Rudi Pramana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1104106010068

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Industri (S1) / PDDIKTI : 26201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penentuan Rute Optimal Distribusi Produk Menggunakan Metode Algoritma Clarke And Wright Savings
(Studi Kasus: PT Bina Usaha Pratama, Kajhu Aceh Besar)

ABSTRAK

Model penentuan rute umumnya dikenal dengan Vehicle Routing Problem (VRP), VRP berkaitan dengan penentuan rute optimal untuk permasalahan yang melibatkan lebih dari satu kendaraan dengan kapasitas tertentu untuk melayani sejumlah pelanggan sesuai dengan permintaannya masing-masing. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan seberapa besar penghematan jarak yang terjadi setelah diaplikasikan dengan menggunakan algoritma Clarke and Wright Savings studi kasus yang dipilih adalah PT Bina Usaha Pratama, Kajhu Aceh Besar, perusahaan yang bergerak di bidang pendistribusian produk-produk Unilever untuk wilayah Banda Aceh dan sekitarnya. Perusahaan ini memiliki tiga aktifitas utama yaitu penerimaan, penyimpanan, dan pendistribusian yang menjadi pokok permasalahan pada penelitian ini. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah tidak adanya rute pendistribusian yang optimal dan teratur untuk pengiriman per harinya. Akibatnya terjadinya pemborosan jarak dan waktu tempuh pada saat pendistribusian produk. Penentuan solusi permasalahan menggunakan algoritma Clarke and Wright Savings memungkinkan diperolehnya suatu rute dengan mempertimbangkan kapasitas kendaraan dan permintaan pada masing-masing pelanggan. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah jarak antar depot dengan pelanggan, jarak antar pelanggan, jumlah permintaan masing-masing pelanggan, serta kapasitas kendaraan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah berupa rute-rute distribusi yang optimal per harinya, biaya transportasi, dan total jarak yang ditempuh selama satu minggu.

Kata Kunci: Vehicle Routing Problem (VRP), Capacitated Routing Problem (CVRP), Algoritma Clarke and Wright Savings.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK