//

DAMPAK PERTAMBANGAN EMAS TRADISIONAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI GAMPONG MERSAK KECAMATAN KLUET TENGAH KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang EDI FARLAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Selama keberadaan tambang emas tradisional di Gampong Mersak Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan telah terjadi banyak berubahan pada kehidupan masyarakat setempat. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Informan dalam penelitian ini terdiri dari aparatur gampong, tokoh masyarakat dan masyrakat penambang emas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif oleh Milles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian memberitahukan bahwa keberadaan tambang emas di Gampong Mersak telah memberi dampak pada kondisi sosial dan perekonomian masyarakat. Pertambangan emas berdampak negatif pada aspek perpindahan penduduk yang tidak terkendali dan mengkuatirkan, tingkat kejadian konflik yang semakin bertambah, dan peralihan mata pencaharian masyarakat dari petani ke penambang yang membuat sarana dan prasarana pertanian tidak berfungsi optimal. Juga, pertambangan emas berdampak positif pada aspek terbukanya lapangan kerja yang luas bagi masyarakat dan meningkatnya pendapatan masyarakat yang dapat dilihat dari tingginya daya beli masyarakat. Kata Kunci: Pertambangan, Dampak, Kondisi Sosial, Perekonomian

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAN PERTAMBANGAN EMAS DI KECAMATAN KLUET TENGAH KABUPATEN ACEH SELATAN (Ayu Risma Putri, 2013)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN PERTAMBANGAN EMAS DI DESA ALUE BARO KECAMATAN MEUKEK KABUPATEN ACEH SELATAN (Rahmatin Syandra U, 2017)

DAMPAK PERTAMBANGAN EMAS TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT DI KECAMATAN BEUTONG KABUPATEN NAGAN RAYA (NELLI SETIANA, 2018)

KAJIAN DAMPAK LINGKUNGAN KEGIATAN PENAMBANGAN EMAS TANPA IZIN (PETI) PADA KECAMATAN BEUTONG KABUPATEN NAGAN RAYA (Nurliana, 2019)

PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI DAEAH PENAMBANGAN EMAS TRADISIONAL(STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DESA PANTON LUAH KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN) (Martunis, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy