//

ANALISIS HUBUNGAN PENGENDALIAN INTERNAL VERSI COSO TERHADAP INDIKASI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN PADA BAITUL QIRADH ANGGOTA PUSAT KOPERASI SYARIAH NANGGROE ACEH DARUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AULIANA YUWANNITA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Indikasi kecurangan laporan keuangan tidak hanya terjadi pada sektor pemerintahan atau pada sektor perbankan saja, tetapi bisa juga terjadi pada sebuah koperasi syariah seperti Baitul Qiradh. Dimana indikasi kecurangan laporan keuangan terjadi karena lemahnya sebuah pengendalian internal di suatu instansi. Kerangka pengendalian internal yang mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya kecurangan dibentuk oleh Committee of Sponsoring Organization of Treadway Commission (COSO). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengendalian internal versi COSO terhadap indikasi kecurangan laporan keuangan (Fraud)pada Baitul Qiradh Anggota Pusat Koperasi Syariah (Puskopsyah) Nanggroe Aceh Darussalam. Penelitian ini termasuk penelitian primer menggunakan metode kuantitatif, dengan ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Kuesioner yang berhasil dianalisis sebanyak 66 kuesioner. Data yang didapat dari kuesioner kemudian diolah dengan menggunakan software SPSS 21. Penelitian ini termasuk penelitian sensus dimana data didapatkan dari keseluruhan karyawan setiap Baitul Qiradh yang menjadi anggota pada Puskopsyah. Karena populasi penelitian ini ialah Baitul Qiradh anggota Puskopsyah NAD. Metode Rank Spearman digunakan sebagai metode analisis untuk mengetahui hubungan variabel-variabel yang terlibat. Hasil penelitian menunjukkan bahwaterdapat hubungan yang signifikan antara variabel pengendalian internal versi COSO terhadap indikasi kecurangan laporan keuangan dengan nilai koefesien sebesar 0,609. Kata Kunci: Pengendalian Internal, COSO, Indikasi Kecurangan Laporan Keuangan, Koperasi Syariah, Baitul Qiradh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN SYARIAH PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (STUDI PADA BAITUL QIRADH DI KOTA BANDA ACEH) PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN SYARIAH PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (STUDI PADA BAITUL QIRADH DI KOTA BANDA ACEH) (Amrul Ikhsan, 2017)

PERANAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIABBAITUL QIRADH CEMPAKA AL-MUKARRAMAH TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PEDAGANG DI KECAMATAN KUTARAJA KOTA BANDA ACEH (MERI, 2021)

PERANAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO BAITUL QIRADH DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS USAHA INFORMAL DI BANDA ACEH (Richi Jurizal, 2021)

AKUNTANSI PELUNASAN KLAIM PEMBIAYAAN NASABAH YANG MENINGGAL DUNIA PADA BQ BAITURRAHMAN BAZNAS MADANI CABANG ULEE KARENG (Yoka Rotrianda, 2015)

ANALISIS PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN SYARIAH PADA BAITUL MAL PROVINSI ACEH (Dedy Saputra, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy