KESULITAN SISWA DALAM PENYEDERHANAAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KESULITAN SISWA DALAM PENYEDERHANAAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH


Pengarang

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Sya’dah, Wahyu Fitria Naili. 2016. Kesulitan Siswa dalam Penyederhanaan Bentuk Aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Drs. Budiman, M.Si., (2) Dra. Tuti Zubaidah, M.Pd.
Kata kunci: Kesulitan, penyederhanaan bentuk aljabar, pecahan bentuk aljabar.
Dalam pembelajaran matematika di kelas, salah satu materi yang harus dikuasai adalah penyederhanaan bentuk aljabar. Penelitian ini berupaya mngungkapkan kesulitan yang dialami siswa dalam penyederhanaan bentuk aljabar di kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kesulitan yang dialami siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh dalam penyederhanaan bentuk aljabar ditinjau dari aspek pemahaman konsep, prinsip dan pemecahan masalah berbentuk verbal. (2) penyebab kesulitan yang dialami siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh dalam penyederhanaan bentuk aljabar ditinjau dari aspek pemahaman konsep, prinsip dan pemecahan masalah berbentuk verbal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari hasil tes yang dilakukan di kelas VIII, sedangkan sumber data adalah siswa kelas VIII6 SMP Negeri 2 Banda Aceh yang berjumlah 23 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis dan wawancara. Hasil tes dianalisis untuk mengetahui jenis kesulitan yang dialami siswa dalam menyederhanakan bentuk aljabar. Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. 1) Penyebab siswa mengalami kesulitan menggunakan konsep karena: siswa tidak meguasai konsep dasar dalam operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bentuk aljabar, siswa tidak menguasai materi penyederhanaan bentuk aljabar. 2) Penyebab siswa mengalami kesulitan menggunakan prinsip karena: siswa kurang memahami cara mencari faktor dari bentuk aljabar, siswa kurang teliti dalam menjawab soal. 3) Peyebab kesulitan pemecahan masalah berbentuk verbal karena siswa kurang mampu menerjemahkan soal ke dalam bentuk matematika.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK