//

PENGARUH PRODUKSI BERAS, HARGA BERAS DALAM NEGERI DAN PRODUK DOMESTIK BRUTO TERHADAP IMPOR BERAS DI INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DESI ARMAINI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produksi beras, harga beras dalam negeri dan produk domestik bruto terhadap impor beras di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder periode 2000-2014. Model analisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan metode Ordinary Least Square (OLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga beras dalam negeri berpengaruh positif dan signifikan terhadap impor beras di Indonesia. Begitu pula dengan Produk Domestik Bruto (PDB) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap impor beras di indonesia. Namun produksi beras berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap impor beras di Indonesia. Pemerintah diharapkan mampu memproteksi produk beras impor, misalnya dengan lebih memaksimalkan penyerapan beras dari petani lokal sehingga pasar dapat didominasi oleh produk beras lokal. Dengan demikian pemerintah tidak perlu lagi mengimpor beras untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan dengan adanya kebijakan memproteksi tersebut, dampaknya tidak hanya untuk meningkatkan produksi pertanian dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan pangan, tetapi juga untuk meningkatkan pendapatan petani lokal.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPOR BERAS DI INDONESIA (Putra Kurniawan, 2019)

DETERMINAN KETERGANTUNGAN IMPOR BERAS DI INDONESIA (Sahrul Paipan, 2019)

PENGARUH PRODUKSI, HARGA GABAH DAN IMPOR BERAS TERHADAP HARGA BERAS LOKAL DI PROVINSI ACEH (MAYSARAH, 2016)

ANALISIS KOINTEGRASI ANTARA PRODUKSI BERAS DAN CADANGAN DEVISA DENGAN IMPOR BERAS DI INDONESIA (ANGGUN PANCA APRILIA, 2020)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPOR BERAS DI INDONESIA (Nurfiani Syamsuddin, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy