PENGARUH KOMBINASI DOSIS PUPUK NPK DENGAN PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM L.) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH KOMBINASI DOSIS PUPUK NPK DENGAN PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM L.)


Pengarang

Salvitia Dirgantari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1105101050096

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agroteknologi (S1) / PDDIKTI : 54211

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan dan hasil bawang merah terhadap kombinasi dosis pupuk NPK dengan pupuk kandang. Penelitian ini dilaksanakan di lahan petani Desa Empetrieng Kecamatan Darul Kamal Kabupaten Aceh Besar, yang berlangsung dari bulan November 2015 sampai Januari 2016. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola non faktorial dengan 3 kali ulangan. Perlakuan dosis pupuk terdiri atas 9 perlakuan, sehingga diperoleh 27 satuan percobaan. Faktor yang diteliti ialah dosis pupuk yang terdiri dari 9 perlakuan yaitu: kontrol, 90 g NPK, 110 g NPK, 1,8 kg pupuk kandang, 2,4 kg pupuk kandang, 90 g NPK dan 1,8 kg pupuk kandang, 90 g NPK dan 2,4 kg pupuk kandang, 110 g NPK dan 1,8 kg pupuk kandang, 110 g NPK dan 2,4 kg pupuk kandang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan kombinasi dosis pupuk NPK dengan pupuk kandang berpengaruh sangat nyata terhadap bobot berangkasan basah, bobot berangkasan kering, bobot umbi kering, potensi hasil, dan berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman umur 14, 28 dan 42 HST, jumlah daun umur 14, 28 dan 42 HST dan jumlah umbi. Kombinasi perlakuan 110 g NPK dan 2,4 kg pupuk kandang memberikan pengaruh yang terbaik dibandingkan perlakuan lainnya.

Kata kunci: Bawang Merah, NPK dan Pupuk Kandang

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK