//

1110102010054

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUAMMAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Harian Serambi Indonesia dan harian Rakyat Acehberfungsi sebagai mediatorbagi masyarakat dalam menyampaikan informasi setiap harinya. Dalam menarikminat dan kepercayaan para pembacanya,diperlukan peran setiap wartawan darike dua harian tersebut baik para redaktur sebagai pengambil keputusan danwartawan lapangan/reporter sebagai pencari berita. Penelitian ini berjudul“Perspektif Wartawan dalam Pemilihan Berita Headlinepada Media Cetak diBanda Aceh (Studi pada Harian Serambi Indonesia dan Harian Rakyat Aceh)”bertujuan mengetahui bagaimana perspektif wartawan dari setiap suratkabardalam memilih beritaHeadlinesetiap harinya. Penelitian ini menggunakan teoriekonomi-politik yang dikembangkan oleh McQuail, ia mengatakan, selainmemberikan informasi,keuntungan kerja dari setiap media adalah meraih labadari iklan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdeskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknikwawancara denganpihak dari ke dua media tersebut. Hasil penelitian diperolehbahwa ke dua media, harian Serambi Indonesia dan harian Rakyat Acehmenggunakan teori ekonomi-politik yang dikembangkan oleh Mc Quail denganmelihat sisi ekonomi dan politik dari setiap beritayangdipilihmenjadiHeadline.Dalam menentukanHeadlinepara redaktur dari setiap media memilih berita yangpaling menarik dan mempunyai nilai-nilai berita luas bagi masyarakat. Redakturdari ke dua harian tersebut memilih beritaHeadlinesesuai dengan perspektifnyadan perspektif suratkabarnya. Redaktur dari ke dua suratkabar tersebut memilihberita Headline sesuai dengan perspektifnya masing-masing seperti perspektifekonomi,politik, sosial budaya dan lainnya. SetiapberitaHeadlineberbeda antarake dua suratkabar inikadangdengan isu yang sama, dan ada jugaHeadlineyangberbeda dengan isu yang berbeda pula. Hal ini adalah keputusan redaktur sesuaidengan perspektifnya dan perspektif lembaganya.Keputusan berita yang akanmenjadi Headline ditentukan oleh para redaktur menurut perspektif media dimana mereka berkerja yang disepakati pada rapat redaksi sore pukul 17:00 WIB.Langkah yang dilakukan oleh para wartawan (redaktur) dalam memilih setiapberita terutama Headlineadalah melakukan perencanaanberita apa yang akandigarapoleh ke dua suratkabar tersebutpada rapat redaksi pagi pukul 09:00 WIB,setelah itu parawartawan lapangan/ reporter mencari berita yang telah disepakatipada rapat redaksi pagi. Rapat pemutusan dilakukan oleh redakturpukul 17:00WIB dalam memilihberitaHeadlineyang akan terbit esoknya. Berita yang dipilihadalah berita yang palingmenarik, mempunyai nilai-nilai berita yang sifatnya luasbagi masyarakat. Kata Kunci: Perspektif, Wartawan, Berita, Headline, Media Cetak, Teori Ekonomi-Politik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy