//

HUBUNGAN BIAYA PRODUKSI DENGAN PEROLEHAN LABA PADA PABRIK KOPI CV.LAMPINEUNG UTAMA DESA LAMPINEUNG KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Bismiadi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Bismiadi. 2016. Hubungan Biaya Produksi Dengan Perolehan Laba Pada Pabrik Kopi CV. Lampineung Utama Desa Lampineung Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Sakdiyah, M. Si., (2) Dr. Irsyadillah, M. Sc. Kata Kunci: Biaya Produksi, Laba Bersih Sebelum Pajak Dalam setiap perusahaan manufaktur untuk melakukan proses produksi akan mengeluarkan biaya produksi yang meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Pengunaan biaya yang terlalu tinggi akan mengakibatkan jumlah laba menurun dan jika biaya produksi menurun maka jumlah laba akan meningkat. Yang menjadi pertanyaan mendasar dalam penelitian ini adalah seberapa besar hubungan biaya produksi dengan perolehan laba pabrik kopi CV.Lampineung Utama Desa Lampineung Kecamatan Baitussalam Kabu paten Aceh Besar dan bertujuan untuk mengetahui jumlah penggunaan biaya produksi dan laba bersih sebelum pajak yang didapatkan selama 5 tahun, mulai dari tahun 2010-2014. Dan peneliti menduga adanya hubungan segnifikan antara biaya produksi dan laba bersih sebelum pajak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas. Yang jadi objek dalam penelitian ini adalah biaya produksi dan laba bersih sebelum pajak dengan subjek penelitian yaitu pimpinan CV.Lampineung Utama. Teknik pengupulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi laporan laba rugi selama lima tahun. Bedasarkan hasil analisis data dengan menggunakan korelasi ditemukan nilan r =-0.8970 atau 89.70% dimana nilai r < 0 yang berarti kuatnya hubungan negatif yang ditimbulkan antara biaya produksi dan laba. Selanjutnya untuk menguji segnifikan dilakukan dengan pengujian Uji-t dan didapatkan hasil, dimana nilai thitung sebesar 3.514 sedangkan nilai ttabel sebesar 3.18 pada dk =3 dengan taraf tingkat kesalahan 5% dan hasil Uji-t menunjukkan nilai thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah adanya hubungan negatif yang sangat segnifikan antara jumlah pengunaan biaya produksi terhadap perolehan laba. Oleh karena itu untuk meningkatkan jumlah laba perusahaan harus bisa meminimalisir biaya produksi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN ACTIVITY BASED COSTING DALAM PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA PERUSAHAAN PENGOLAHAN BUBUK KOPI DI PROVINSI ACEH (Muhammad Muharrozaq, 2017)

MODEL KOMUNIKASI INTERPERSONAL MASYARAKAT BANDA ACEH DI WARUNG KOPI (STUDI PADA WARUNG KOPI SOLONG MINI LAMPINEUNG KOTA BANDA ACEH) (FACHRUL ACHYAR, 2016)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP STUNTING DI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (RISKA PRATIWI, 2019)

ANALISIS KEUNTUNGAN PENGRAJIN GARAM DI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Muhammad Ridha, 2021)

PRARANCANGAN PABRIKRNWHITE PORTLAND CEMENT (WPC)RNDENGAN KAPASITAS PRODUKSI 500.000 TON/TAHUN (Raudhatul Ilmi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy