//

UJI PALATABILITAS PAKAN DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN BURUNG RANGKONG DI PENANGKARAN TAMAN RUSA DESA LAMTANJONG, KECAMATAN SUKAMAKMUR, KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nanda Yustina - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Yustina, Nanda. 2016. Uji Palatabilitas Pakan dan Tingkat Kesejahteraan Burung Rangkong di Penangkaran Taman Rusa, Desa Lamtanjong, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Abdullah, S.Pd., M. Si (2) Devi Syafrianti, S.Pd., M. Si Kata kunci: Pakan, Palatabilitas, Kesejahteraan, Burung rangkong Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk melestarikan satwa adalah melakukan penangkaran. Penelitian ini berupaya mengungkapkan pengelolaan penangkaran burung rangkong di Taman Rusa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui jumlah konsumsi pakan pada masing-masing burung rangkong (2) Tingkat palatabilitas pakan pada masing-masing burung rangkong (3) Tingkat kesejahteraan pada masing-masing burung rangkong. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari pengamatan yang dilakukan dilapangan selama 14 hari dan juga instrumen penilaian tingkat kesejahteraan burung rangkong. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan dan wawancara. Teknik pengamatan dilakukan pada 4 burung rangkong dengan menggunakan free choice feeding untuk mengetahui jumlah konsumsi pakan. Pemberian pakan ini dilakukan dua kali dalam satu hari yaitu pagi hari dan juga sore hari. Bedasarkan hasil analisis data, jumlah rata-rata konsumsi pakan pada burung rangkong 1 adalah pakan pepaya 410 gr, tomat 299 gr, mentimun 29 gr, dan pisang 132 gr. Burung Rangkong 2 Pepaya 540 gr, tomat 144 gr, mentimun 19 gr, dan pisang 142 gr. Burung Rangkong 3 jumlah konsumsi pepaya 621 gr, tomat 200 gr, mentimun 52 gr, dan pisang 177 gr. Burung Rangkong 4 jumlah konsumsi pepaya 361 gr, tomat 172 gr, mentimun 194 gr, dan pisang 136 gr. Tingkat palatabilitas pakan burung rangkong 1 menunjukkan tingkat palatabilitas tertinggi pada pakan tomat, pepaya, pisang dan terakhir mentimun. Burung rangkong 2 tingkat palatabilitasnya adalah pepaya, pisang, tomat, mentimun. Burung rangkong 3 tingkat palatabilitasnya adalah tomat, pisang, pepaya, mentimun. Pada burung rangkong 4 tingkat palatabilitasnya adalah tomat, mentimun, pisang, pepaya. Tingkat kesejahteraan burung rangkong yang berada di penangkaran taman rusa dinyatakan dalam kategori sejahtera untuk 2 burung rangkong dan 2 lagi dalam kategori kurang sejahtera. Simpulan penelitian ini adalah palatabilitas pakan pada masing-masing burung rangkong menunjukkan tingkat yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Hal ini berati jumlah pemberian pakan antara satu burung rangkong dengan yang lainnya lebih baik dibedakan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONDISI HABITAT DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN LANDAK RAYA (HYSTRIX BRACHYURA) DI PENANGKARAN TAMAN RUSA DESA LAMTANJONG KABUPATEN ACEH BESAR DAN DESA PANTON LUAS KABUPATEN ACEH SELATAN (Mira Salviana, 2016)

PERILAKU MAKAN RUSA TOTOL (AXIS AXIS) DAN UJI PALATABILITAS PAKAN DALAM KAWASAN KONSERVASI EX-SITU DI WISATA ALAM TAMAN RUSA LAMTANJONG KABUPATEN ACEH BESAR (Tia Novenda Sari, 2016)

DAMPAK KEBERADAAN TAMAN RUSA TERHADAP PENDAPATAN PEKERJA DI SEKITAR DESA LAMTANJONG KECAMATAN SUKAMAKMUR SIBREH KABUPATEN ACEH BESAR (Fuji Gita Mahardhika, 2015)

PERUBAHAN HUBUNGAN SOSIAL DALAM KONTEKS EKONOMI PADA MASYARAKAT SEKITAR PARIWISATA TAMAN RUSA (MUSTAFA, 2018)

STUDI AKTIVITAS HARIAN RUSA SAMBAR(CERVUS UNICOLOR)DI TAMAN RUSA DESA LAMTANJONG KABUPATEN ACEH BESAR (Raudhah Hayatillah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy