//

FORMULASI DAN EVALUASI SEDIAAN SABUN CAIR DARI MINYAK JAGUNG (OLEUM MAYDIS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Arina Tajriyani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Formulasi dan evaluasi sediaan sabun cair dari minyak jagung (Oleum maydis) telah dilakukan dengan tujuan menentukan konsentrasi minyak jagung yang digunakan untuk menghasilkan sediaan sabun cair yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) tahun 1996 yaitu berupa nilai pH, viskositas, bobot jenis, kadar alkali bebas dan tinggi busa serta mengetahui stabilitas sediaan sabun cair selama penyimpanan. Sediaan sabun cair dibuat dengan perbedaan konsentrasi minyak jagung yaitu 10, 20 dan 30% dan evaluasi sediaan sabun cair dilakukan terhadap ketiga formula. Evaluasi sediaan menunjukkan bahwa sediaan sabun cair dari minyak jagung yang digunakan dalam penelitian ini tidak dapat memenuhi kriteria SNI tahun 1996. Hal ini disebabkan karena terjadinya perubahan warna dan bentuk sediaan sabun cair pada setiap formula selama masa pengujian stabilitas. Hasil evaluasi sediaan sabun cair juga menunjukkan bahwa sabun cair tidak stabil yang ditandai dengan terjadinya perubahan bentuk, warna, pH dan viskositas sabun cair selama penyimpanan 6 siklus (12 hari). Kata kunci: Formulasi, sabun cair, minyak jagung, Standar Nasional Indonesia.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FORMULASI SEDIAAN LIP BALM SARI BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS COSTARICENSIS ) SEBAGAI PEWARNA ALAMI DAN MINYAK ALMOND (OLEUM ALMOND) SEBAGAI EMOLIEN (TARI AMALIA LUBIS, 2020)

FORMULASI SABUN PADAT TRANSPARAN DARI MINYAK NILAM (POGOSTEMON CABLIN BENTH) DENGAN VARIASI KONSENTRASI SUKROSA (Nakri Lestari, 2020)

FORMULASI SEDIAAN LIPSTIK DENGAN BASIS MINYAK ALPUKAT (PERSEA AMERICANA MILL.) DAN EKSTRAK BIJI COKLAT (THEOBROMA CACAO L.) SEBAGAI PEWARNA (Nura Sulfina, 2016)

FORMULASI SEDIAAN LIP BALM DENGAN MINYAK ALMOND (PRUNUS AMYGDALUS DULCIS) SEBAGAI EMOLIEN DAN EKSTRAK ETANOL UMBI BIT (BETA VULGARIS L.) SEBAGAI PEWARNA (Zata Yumni Sudirman, 2020)

PENGARUH KONSENTRASI BASA DAN JENIS MINYAK NABATI TERHADAP KUALITAS SABUN CAIR BERAROMA SEREH WANGI (Dwinda Muharri Sukma, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy