//

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI SDN 1 PEUKAN BADA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Evi Kumalasari - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
NHT TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Hasil Belajar, Sisi, Luas Bangun Datar, Model Pembelajaran NHT. Berdasarkan dokumentasi hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri 1 Peukan Bada tahun pelajaran 2010/2011 pada materi luas persegi dan persegi panjang hanya mempunyai nilai rata-rata 62,50 dan pada tahun 2011/2012 hanya mempunyai nilai rata-rata 60,25 di bawah nilai 65 sebagaimana yang disyaratkan kurikulum sebagai standar ketuntasan belajar minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dengan penggunaan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi bangun datar di kelas III SD Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN 1 Peukan Bada yang berjumlah 30 orang siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus III. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 3,79 (75,59%), siklus II 4,32 (86,29%) dan siklus III sebesar 4,74 (94,69%). Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus III. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 3,50 (70%) pada siklus II sebesar 4.1 (82%) dan pada siklus III sebesar 4,6 (92%). Hasil belajar pada siklus I, siswa mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 70,5 dan siswa yang tuntas mengikuti proses pembelajaran sebanyak 23 orang siswa (76,67%). Pada Siklus II, nilai rata-rata kelas yang dicapai oleh siswa sebesar 78,3 dan siswa yang tuntas mengikuti proses pembelajaran sebanyak 25 orang siswa (83,33%). Pada siklus III, nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 84,67 yang dituntaskan oleh 29 orang siswa (96,67%).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR DI KELAS V SD KARTIKA XIV-2 BANDA ACEH (Nurleni, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (Linawati, 2014)

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VRNSD NEGERI 2 PEUKAN BADA (MAILA PUSPITA SARI, 2015)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI 18 BANDA ACEH (yoesoesi afdal, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALITY (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR. (Ryan Nova Pahlawan, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy