//

DAYA DUKUNG MIKORIZA TERHADAP BEBERAPA VARIETAS KEDELAI PADA TANAH ENTISOL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Afdhalul Hilza - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tanah Entisol merupakan jenis tanah yang belum mengalami diferensiasi profil yang membentuk horizon yang nyata dengan tingkat kesuburan yang bervariasi, tekstur dari sedang hingga kasar, kandungan bahan organik dari rendah sampai tinggi, struktur yang bervariasi, drainase dari jelek sampai baik, pH tanah berkisar dari asam netral sampai alkalin, kejenuhan basa dan kapasitas tukar kation juga bervariasi karena tergantung pada bahan induknya. Kedelai (Glycine max L. Merril) merupakan bahan pangan sumber protein nabati utama bagi masyarakat yang dapat tumbuh di lahan kering salah satunya tanah Entisol. Varietas yang digunakan Kipas Merah, Anjasmoro, dan Bener Meriah. Mikoriza adalah sejenis cendawan yang menggambarkan suatu bentuk hubungan simbiosis mutualisme antara spesies jamur dengan akar tanaman Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dosis mikoriza pada pertumbuhan beberapa varietas kedelai. Penelitian ini dilakukan di Rumah Kasa BPTP Aceh pada bulan November 2015 sampai Februari 2016. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial 3x4 dengan 3 ulangan. Bila terjadi berbeda sangat nyata atau berbeda nyata akan dilanjutkan dengan uji BNT0,05%. Susunan perlakuan adalah dosis mikoriza kontrol 0g/tanaman, dosis mikoriza 5g/tanaman, dosis mikoriza 10g/tanaman, dan dosis mikoriza 15g/tanaman. Hasil penelitian varietas Bener Meriah mampu beradaptasi pada tanah Entisol dengan dosis mikoriza 15 g/tanaman. Kata kunci : varietas, mikoriza, tanah Entisol

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH DOSIS MIKORIZA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS SORGUM (SORGHUM BICOLOR (L.) MOENCH) PADA TANAH ENTISOL (Rahmad Agustian, 2016)

EVALUASI BEBERAPA JENIS MIKORIZA UNTUK PENINGKATAN PRODUKSI CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM L.) PADA TANAH ANDISOL (AZMAN, 2020)

PENGARUH DOSIS MIKORIZA GIGASPORA SP. TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA VARIETAS CABAI (CAPSICUM ANNUUM L.) PADA TANAH ENTISOL (Desi Novianti, 2017)

PENGARUH JENIS MIKORIZA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA VARIETAS CABAI PADA TANAH ANDISOL (Alfian Zabil Khodafi, 2016)

PENGARUH APLIKASI DOSIS MIKORIZA CAMPURAN (GLOMUS MOSSEAE DAN GIGASPORA SP.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA VARIETAS CABAI (CAPSICUM ANNUUM L. ) PADA TANAH ENTISOL (Azman, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy