//

PENYELESAIAN PERKARA TINDAK PIDANA PENGANGKATAN ANAK SECARA DAMAI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Aqil - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Muhammad Aqil, 2016. (Dr. Dahlan Ali, S.H., M.Hum., M.Kn.) Pengangkatan anak secara sah dilakukan dengan cara pengangkatan anak menurut adat setempat dan bisa meminta penetapan pengadilan atau pengangkatan anak yang dilakukan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Namun kenyataannya kasus pengangkatan anak yang terjadi di Meulaboh Kabupaten Aceh Barat dilakukan bukan menurut peraturan perundang-undangan dan adat kebiasaan setempat, yang artinya adopsi tersebut ilegal. Hal tersebut diatur dalam pasal 79 Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Penyelesaian dalam kasus tindak pidana adopsi ilegal tersebut dilakukan dengan cara mediasi. Pada dasarnya tindak pidana tidak mengenal penyelesaian menggunakan cara mediasi selain tindak pidana pelanggaran dan tindak pidana anak. Tujuan dalam penelitian dan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terlaksananya tindak pidana pengangkatan anak secara ilegal, penyelesaian tindak pidana pengangkatan anak secara ilegal melalui mediasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan normatif dengan pendekatan yang menggunakan kaidah-kaidah hukum serta ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai perlindungan anak yang menyangkut masalah pelaksanaan adopsi anak dan pendekatan empiris yang meninjau langsung ke lapangan terhadap kasus adopsi ilegal yang telah terjadi di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Hasil penelitian ini adalah faktor penyebab terjadinya pengangkatan anak secara ilegal yaitu, proses pelaksanaan adopsi berdasarkan Undang-undang dinilai terlalu rumit, kurangnya pemahaman masyarakat khususnya Aceh tentang akibat hukum yang akan terjadi setelah proses adopsi, faktor ekonomi dari keluarga kandung anak adopsi, dan orang tua adopsi tidak mempunyai keturunan.Penyelesaian tindak pidana adopsi ilegal yang terjadi di Meulaboh Kabupaten Aceh Barat yang diselesaikan melalui jalur mediasi diluar pengadilan dinilai mengenyampingkan ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia. Dimana dalam hal tindak pidana tidak dikenal dengan penyelesaian diluar pengadilan kecuali tindak pidana anak yang diselesaikan dengan mediasi penal dan pelanggaran seorang terhadap seseorang yang dapat diselesaikan dengan metode restorative justice. Sungguhpun dalam hukum pidana tidak dikenal lembaga perdamaian. Disarankan, untuk ke depan dibentuk suatu lembaga pengawas untuk mengontrol jalannya adopsi anak dan dilaksanakannya seminar maupun pelatihan bagi para pendamping di BP2TP2A guna menambah pengetauan hukum dibidang pendampingan korban. Kesimpulan pada penulisan ini adalah belum adanya peraturan perundang-undangan yang mengatur sacara khusus tentang adopsi anak dan penyelesaian dalam tindak pidana tidak dikenal melalui cara mediasi ataupun perdamaian selain tindak pidana anak dan pelanggaran, sungguhpun perdamaian tersebut terjadi, maka tidak berpengaruh terhadap penyelesaian melalui jalur hukum. Kata Kunci: Adopsi, Pidana, Anak, Perdamaian

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENYELESAIAN PERKARA TINDAK PIDANA PENGANGKATAN ANAK SECARA DAMAI (Muhammad Aqil, 2016)

TINJAUAN KRIMINOLOGIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI BANDA ACEH) (Khaidir Parinduri, 2015)

STUDI KASUS TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN NEGERI BLORA NOMOR: 5/PID.SUS-ANAK/2016/PN.BLA TENTANG MEMBUJUK ANAK MELAKUKAN SETUBUH OLEH ANAK (M RISKI ZHAFRAN, 2019)

TINDAK PIDANA TERHADAP HARTA BENDA YANG DILAKUKAN OLEH SANTRI DAN UPAYA PENYELESAIANNYA(SUATU PENELITIAN DI PONPES MODERN AL-FALAH ABU LAM U ACEH BESAR) (M FAISAL BIN ZAMZAMI, 2020)

PENYELESAIAN TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN BERAT OLEH PERADILAN ADAT (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM POLSEK SAKTI KABUPATEN PIDIE) (MUHAMMAD NOVRIANSYAH, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy