STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTHOS DI ESTUARI KUALA RIGAIH KECAMATAN SETIA BAKTI KABUPATEN ACEH JAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTHOS DI ESTUARI KUALA RIGAIH KECAMATAN SETIA BAKTI KABUPATEN ACEH JAYA


Pengarang

Aris Munandar - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1011101020019

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur komunitas makrozoobenthos meliputi keanekaragaman, keseragaman, dan dominansi di estuari Kuala Rigaih Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2015 hingga Mei 2016, menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan sampel dilakukan pada 3 stasiun dengan 3 kali pengulangan. Pengambilan data makrozoobenthos dilakukan dengan menggunakan transek kuadrat 1 m x1 m. Hasil penelitian menunjukan bahwa di estuari kuala rigaih terdapat 167 individu dari 10 spesies makrozoobenthos dari kelas Gastropoda Filum Mollusca yang tersebar pada ke tiga stasiun pengamatan. Indeks keanekaragaman (H) pada stasiun penelitian berkisar 3,08-3,11 dengan indeks keseragaman (E) berkisar 0,91-0,94 dan indeks dominasi (D) berkisar 0,13-0,14. Hal ini kajian bahwa tingkat keanekaragaman makrozoobenthos di perairan ini tinggi, tingkat keseragaman juga tinggi, dan tidak terdapat spesies dari makrozoobenthos yang mendominasi.

Kata kunci: Kuala Rigaih, Makrozoobenthos, Struktur komunitas

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK