//

PRODUKTIVITAS TOWER CRANE PADA PROYEK PEMBANGUNAN MASJID RAYA BAITURRAHMAN DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Haekal Amir - Personal Name

Abstrak/Catatan

Peralatan merupakan salah satu sumber daya utama dalam proyek. Persoalan yang sering dihadapi oleh pelaksana ketika hendak membangun suatu proyek adalah perencanaan dan penggunaan alat-alat berat yang tepat dan sesuai kebutuhan. Untuk itu dibutuhkan analisa produktivitas peralatan khususnya tower crane yang akan membantu dalam menentukan waktu pelaksanaan, sehingga pemakaian sumber daya menjadi efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan nilai produktivitas alat berat aktual dalam pekerjaan pembangunan Masjid Raya Baiturrahman di Kota Banda Aceh yang dalam hal ini berupa tower crane. Pengamatan ini dilakukan terhadap tower crane yang ada pada pembangunan Masjid Raya Baiturrahman di Kota Banda Aceh. Pengambilan data dilakukan dengan dua cara, yaitu data primer yang didapat dari pengamatan langsung dilapangan dan data sekunder yang didapat dari pihak pelaksana atau instansi terkait. Data primer yang diperoleh pada penelitian ini berupa waktu siklus rata-rata tower crane. Jumlah data yang didapatkan adalah selama 7 hari melakukan penelitian. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini dibedakan berdasarkan jenis material yang diangkat yaitu besi dan bekisting pada pekerjaan pelat lantai. Hasil dari penelitian ini didapatkan waktu siklus rata-rata tower crane pada pengangkatan besi adalah 87,48 detik yang terdiri dari waktu angkat barang rata-rata adalah 14,17 detik, waktu swing 34,10 detik, waktu turunkan barang 11,89 detik dan waktu kembali 27,31 detik. Sedangkan pada pengangkatan bekisting didapatkan waktu siklus rata-rata adalah 76,48 detik yang terdiri dari waktu angkat 12,58 detik, waktu swing 30,57 detik, waktu turun 10,13 detik dan waktu kembali adalah 23,20 detik. Hasil produktivitas aktual rata-rata pada pengangkatan besi adalah 54,24 ton/jam, sedangkan nilai produktivitas aktual rata-rata pada pengangkatan bekisting adalah 46,92 ton/jam. Perbedaan antara nilai produktivitas aktual rata-rata tower crane pada saat pengangkatan besi dan bekistig disebabkan oleh volume material yang diangkut, dimana volume material bekisting lebih rendah dibandingkan volume pada saat pengangkatan besi. Kata Kunci : Produktivitas, Alat Berat, Pembangunan Masjid Raya Baiturrahman

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROFIL PENJUAL SIRIH DI KAWASAN MASJID RAYA BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH (Ema Tiara, 2021)

ANALISIS PENGAKUAN, PENILAIAN, PENYAJIAN DAN PENGUNGKAPAN ASET BERSEJARAH PADA LAPORAN KEUANGAN ENTITAS PEMERINTAH DAERAH ACEH (STUDI KASUS PADA MASJID RAYA BAITURRAHMAN) (Said Ikhsan Ridha, 2016)

ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN DI BAGIAN UTARA MASJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH (Afrijal, 2019)

EVALUASI KENYAMANAN TERMAL RUANG LUAR MASJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH (Kamila Bilqis, 2018)

PEMAKAIAN TAHANAN PENTANAHAN TOWER TRANSMISI 150 KV ULEE KARENG-KRUENG RAYA USE OF GROUND PRISONER TOWER TRANSMISSION 150 KV ULEE KARENG-KRUENG RAYA (SITI RAHMA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy