//

PERTUMBUHAN DAN KETAHANAN TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) HASIL PERSILANGAN ANTARA VARIETAS LOKAL DENGAN IR-BB 27 TERHADAP HAWAR DAUN BAKTERI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurdin - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Padi merupakan komoditas utama sebagai pangan di Indonesia mengingat bahwa makanan pokok di Indonesia adalah beras, maka padi merupakan komoditi yang bernilai sangat tinggi baik dari segi sosial, politik maupun ekonomi. Penurunan hasil produksi padi disebabkan beberapa faktor salah satunya adalah penyakit hawar daun bakteri (HDB). Penyakit HDB yang disebabkan oleh bakteri Xanthomonas oryzae pv. oryzae (Xoo) merupakan salah satu penyakit utama tanaman padi baik di Indonesia maupun negara-negara penghasil padi lainnya di Asia. Penelitian ini menggunakan Rancang Acak Lengkap (RAL) non faktorial dengan perlakuan genotipe dan 5 taraf diulang sebanyak 5 kali sehingga diperoleh 25 satuan percobaan. Setiap satuan prcobaan terdiri 3 tanaman sehingga total tanaman yang diamati yaitu 75 tanaman. Genotipe padi yang digunakan pada penelitian ini adalah Sigupai, Sikuneng, IRBB-27, F1 (Sg/IRBB-27) dan F1 (Sk/IRBB-27). Hasil penelitian menunjukkan bahwa padi Sg/IRBB-27 dan Sk/IRBB-27 tahan terhadap hawar daun bakteri. Panjang lesio terpendek dijumpai pada genotipe F1 (Sg/IRBB-27) yaitu 0,34 cm pada 14 HSI. Sedangkan persentase rata-rata IS terendah dijumpai pada F1 (Sg/IRBB-27) yaitu 0,49 %. Tinggi tanaman Sg/IRBB-27 dan Sk/IRBB-27 lebih tinggi jika dibandingkan dengan genotipe IRBB-27. Tinggi tanaman Sg/IRBB-27 dan Sk/IRBB-27 lebih tinggi jika dibandingkan dengan genotipe IRBB-27. F1 (Sk/IRBB-27) memiliki rata-rata tinggi tanaman mencapai 145,93 cm, sedangkan F1 (Sg/IRBB-27) rata-rata tinggi tanaman 142,40 cm ini menunjukkan bahwa hasil kedua persilangan belum memiliki tinggi tanaman padi yang ideal yaitu 90-100 cm. Kata kunci : Pertumbuhan, Ketahanan, Padi, Xanthomonas oryzae pv. oryzae.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERFORMANSI KARAKTER AGRONOMI PADI TURUNAN (F1) DARI HASIL PERSILANGAN ANTARA VARIETAS LOKAL ACEH DENGAN VARIETAS INTRODUKSI (Vini Amelia, 2015)

UJI KETAHANAN BEBERAPA GALUR HASIL MUTASI RADIASI PADI LOKAL ACEH TERHADAP PENYAKIT HAWAR DAUN BAKTERI (XANTHOMONAS ORYZAE PV. ORYZAE) (M.fajar Bahari, 2019)

UJI KETAHANAN BEBERAPA VARIETAS PADI TERHADAP PENYAKIT HAWAR DAUN XANTHOMONAS ORYZAE PV ORYZAE (feriza, 2014)

EFEKTIVITAS CORYNEBACTERIUM SP. UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT HAWAR DAUN BAKTERI PADA TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) (rizka zahara, 2016)

ANALISIS KEBERADAAN GEN SEMI DWARF (SD-1) DAN KETAHANAN TERHADAP PENYAKIT HAWAR DAUN BAKTERI DARI TURUNAN BC2F2 HASIL PERSILANGAN TINGGONG/IRBB27 (Safrina, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy