//

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VIII-2 SMP NEGERI 1 PASIE RAJA ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Isparni - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
EDUCATIONAL MEDIA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Gambar, Sistem Pernapasan. Penelitian ini berjudul Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Manusia dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah digunakan media gambar pada materi sistem pernapasan manusia di kelas VIII-2 SMPN 1 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah empat lokal. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 35 orang siswa. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas(classroom action research). Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes, alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi, dan soal tes. Data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif, dengan menganalisa ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar pada pelajaran biologi materi sistem pernapasan manusia mampu meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada siklus pertama ketuntasan sebanyak 65,71% terjadi peningkatan pada siklus kedua menjadi 82,86%. Penelitian ini menyimpulkan (1) Penggunaan media gambar pada pelajaran biologi materi sistem pernapasan manusia telah mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran biologi materi sistem pernapasan manusia. Kemampuan siswa yang awalnya kurang baik dalam siklus pertama, terjadi perubahan yang positif pada siklus kedua yaitu kemampuan siswa dalam pembelajaran biologi menjadi lebih baik dalam memahami materi sistem pernapasan manusia, (2) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah digunakan media gambar dalam mengajarkan materi sistem pernapasan manusia, yaitu ketuntasan pada siklus pertama sebanyak 65,71% dengan nilai rata-rata sebanyak 64,29. Pada siklus kedua ketuntasan asil belajar siswa sebanyak 82,86% dengan nilai rata-rata sebanyak 68,40.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR DI SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (ALZIKRI RAHMATILLAH, 2013)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 UNGGUL PEUKAN BADA (Reni melisa, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PHET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA NEGERI 1 PASIE RAJA KABUPATEN ACEH SELATAN (Herdiyanti Rupmana, 2017)

PENINGKATAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITASBELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TORSO DAN GAMBAR DALAM MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI KELAS VIII-A SMP NEGERI 2 SYAMTALIRA ARON KABUPATEN ACEH UTARA (Sulaiman, 2014)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII/4 SMP NEGERI 2 PASIE RAJA, ACEH SELATAN (JAMHUR, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy