//

KARAKTERISTIK SEDIMEN DI PANTAI PULAU GOSONG KECAMATAN SUSOH KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Agustirul Hamsya - Personal Name
Fakultas Fakultas Kelautan
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik sedimen dengan melihat dari analisis statistika sedimen yang dapat mengambarkan kondisi lingkungan pengendapan pada perairan Pantai Pulau Gosong. Sampel sedimen diambil dari delapan titik mengikuti arah mata angin di kawasan pantai Pulau Gosong dengan metode purposive sampling pada bulan Maret 2016 menggunakan pipa paralon berdiameter 3,5 inc dengan ketebalan sampel 15 cm ke dalam permukaan tanah. Sampel dianalisis menggunakan saringan bertingkat dengan menggunakan metode ayak basah. Hasil analisis didapat bahwa diperoleh persentase berat sedimen dengan dua fraksi yaitu kerikil dan pasir. Persentase berat sampel sedimen paling tinggi dijumpai pada ayakan berukuran 0,5 mm dengan presentase 9,25 – 54,98 %. Parameter distribusi ukuran butir sedimen menunjukkan energi yang bekerja di pantai Pulau Gosong lebih bervariatif. Hal ini terindikasi dari nilai phi yang sangat bervariasi serta kondisi sortasi yang menunjukkan sebagai moderately sorted (terpilah sedang) dan poorly sorted (terpilah buruk). Kata Kunci: Pulau Gosong, Sedimen, Lingkungan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PROFIL SEDIMEN DASAR DI MUARA PULAU KAYU KECAMATAN SUSOH KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Rendi Gustianto, 2017)

KARAKTERISTIK UKURAN BUTIR SEDIMEN DAN KANDUNGAN MINERAL DI MUARA PULAU KAYU KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Rezki Adidarma, 2016)

GASTROPODA DI ZONA LITORAL PANTAI TERGANGGU UJUNGRNRNSEURANGGA KECAMATAN SUSOH KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Sayed Maulana , 2014)

STUDI LOGAM BERAT PADA SEDIMEN DASAR DI MUARA PULAU KAYU KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Donni Rianda, 2018)

ANALISIS TEMPORAL SEDIMEN PANTAI DI KECAMATAN LHOONG, KABUPATEN ACEH BESAR (NOVIAN SYARIF, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy