//

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI MELALUI RESOURCE BASED LEARNING (RBL) PADA MATERI TURUNAN DI MAN MODEL BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muliana Ramadhani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Ramadhani, Muliana. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI melalui Resource Based Learning (RBL) pada Materi Turunan di MAN Model Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Dra. Bintang Zaura, M.Pd., (2) Dra. Tuti Zubaidah, M.Pd Kata Kunci : pemecahan masalah, Resource Based Learning (RBL) Materi turunan merupakan materi yang implementasinya sangat banyak dalam kehidupan sehari-hari, namun siswa masih sulit memahami materi turunan yang mengakibatkan siswa sulit memecahkan masalah turunan. Setiap siswa memiliki kemampuan memahami materi yang berbeda. Penggunaan sumber belajar yang tepat dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran, sebaiknya siswa menentukan sendiri sumber belajar yang digunakan. Resource Based Learning merupakan suatu pendekatan dimana siswa menentukan sendiri sumber belajar yang digunakan. Guru menyediakan beberapa sumber pembelajaran berupa buku teks, video, power point, dan narasumber. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI melalui Resource Based Learning pada materi turunan dan mengetahui respon siswa terhadap pemebalajran matematika dengan pendekatan Resource Based Learning. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design jenis one shot case study. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MAN Model Banda Aceh dan sampel penelitian diambil secara acak yaitu kelas XI MIA 4 yang beranggotakan 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui post-test untuk menguji kemampuan pemecahan masalah siswa dan angket respon untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekaran Resource Based Learning. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan (a) = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI melalui Resource Based Learning pada materi turunan di kelas XI MAN Model Banda Aceh adalah baik dan respon siswa terhadap pembelajarn matematika dengan pendekatan Resource Based Learning adalah positif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PELUANG KELAS X SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH BESAR (Jannati, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Cut Masturi, 2018)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI MAS DARUL IHSAN (IKA ZUHRATUL KHAIRI, 2019)

PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING DI KELAS VIII MTSN MODEL BANDA ACEH (mauliza rizsky, 2017)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN DATAR OLEH SISWA KELAS VII SMPN 2 MONTASIK MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Nova Miranda, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy