//

PENGARUH HAMBATAN KOMUNIKASI ANTARBUDAYA TERHADAP KOMPETENSI KOMUNIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWI SMA TEUKU NYAK ARIEF FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Triana - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pengaruh Hambatan Komunikasi Antarbudaya Terhadap Kompetensi Komunikasi dalam Proses Pembelajaran pada Siswi SMA Teuku Nyak Arief Fatih Bilingual School Banda Aceh”. Tujuannya untuk mengetahui apakah komunikasi antarbudaya berpengaruh terhadap proses pembelajaran dan seberapa besar pengaruhnya terhadap proses pembelajaran. Dalam penelitian ini variabel (X) yaitu hambatan komunikasi antarbudaya dan variabel (Y) yaitu kompetensi komunikasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMA Teuku Nyak Arief Fatih Bilingual School Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswi SMA Teuku Nyak Arief Fatih Bilingual School Banda Aceh yang berjumlah 79 orang dan sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 26 siswi yang berasal dari kelas X yang didapat berdasarkan teknik penarikan sampel Purposive Sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori S-O-R (Stimulus Organism Response) yang menjelaskan mengenai bagaimana respon yang diterima terhadap pesan yang disampaikan. Data primer dalam penelitian ini yaitu kuesioner dengan menggunakan skala Likert sebagai skala pengukuran data. Data dalam penelitian ini diolah secara statistik dengan menggunakan program SPSS versi 22,0 yaitu dengan menguji validitas dan reliabilitas, regresi linear sederhana, uji t-hitung, identifikasi determinan, serta menjelaskan kuesioner secara eksplanatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung 4,483 dengan tingkat signifikansi 0,000. Nilai ttabel pada α = 5% adalah 2,055. Berdasarkan kriteria uji hipotesis yaitu thitung > ttabel (4,483>2,055) dengan nilai signifikansi (kurang dari 0,05) maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel hambatan komunikasi antarbudaya berpengaruh signifikan terhadap kompetensi komunikasi dalam proses pembelajaran pada siswi SMA Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School Banda Aceh. Kata Kunci: Hambatan Komunikasi Antarbudaya, Kompetensi Komunikasi, Proses Pembelajaran

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE EFFECTIVENESS OF TEAM TEACHING TO IMPROVE STUDENTS’ ABILITY IN UNDERSTANDING READING TEXT AT SD TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL DARUSSALAM (Mirza Adia Nova, 2014)

PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL DENGAN SISWA SD NEGERI 29 BANDA ACEH (Mahdalena, 2017)

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS XI SMA TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH (CUT YUNI NURUL HAJJINA, 2013)

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER GITAR DI SEKOLAH TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL (LADIES) (CUT MAULINDA, 2018)

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VIII SMP TEUKU NYAK ARIEF FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH (nurul akmal, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy