//

PENGARUH KONSENTRASI PEKTIN DAN KARAGENAN TERHADAP PEMBUATAN PERMEN JELLY NANAS (ANANAS COMOSUS L. MERR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dedy Isnanda - Personal Name

Abstrak/Catatan

Buah nanas dapat diolah menjadi berbagai produk. Salah satu produk olahan yang digemari ialah permen jelly . Berdasarkan SNI 3547-2-2008, permen jelly ialah permen bertekstur lunak yang diproses dengan penambahan komponen hidrokoloid seperti agar, gum, pektin, pati, karagenan, gelatin dan lain-lain yang digunakan untuk modifikasi tekstur sehingga menghasilkan produk yang kenyal. Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat mengetahui konsentrasi pektin dan karagenan yang tepat untuk menghasilkan tekstur yang sesuai pada pembuatan permen jelly nanas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang terdiri dari dua faktor, yaitu: Faktor I : Konsentrasi Pektin (P) yang terdiri dari 4 taraf, yaitu: P1 = 0,5%, P2 = 1,0 % P3 = 1,5%, P4 = 2% Faktor II : Karagenan (K) yang terdiri dari 3 taraf, yaitu: K1 = 1%, K2 = 1,5%, K3 = 2%. Konsentrasi pektin berpengaruh sangat nyata terhadap kadar air, kadar abu, total asam organoleptik hedonik (warna, aroma, dan tekstur), organoleptik deskriptif (warna, tekstur, dan rasa), dan berpengaruh nyata terhadap hedonik rasa serta deskriptif aroma. Konsentrasi karagenan berpengaruh sangat nyata terhadap kadar air, kadar abu, total asam, hedonik warna, deskriptif (warna, aroma, tekstur, dan rasa) dan berpengaruh nyata terhadap hedonik aroma. Hasil analisis permen jelly nanas menghasilkan rata-rata kadar air 11,85%, kadar abu 1,24%, total asam 0,484%, organoleptik hedonik (warna (3,49) penerimaan biasa, aroma (3,74) penerimaan biasa, tekstur (3,36) penerimaan biasa, rasa (2,50) penerimaan tidak suka), dan organoleptik deskriptif (warna (2,38) kuning kecoklatan, aroma (3,38) berbau nanas, tekstur (2,41) agak lembek, rasa (2,45) cukup manis).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KONSENTRASI PEKTIN DAN KARAGENAN TERHADAP SIFAT FISIKOKIMIA DAN ORGANOLEPTIK PERMEN JELLY KULIT BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS) (Rahmat Saputra, 2019)

PENGARUH PEMBERIAN PAKAN FERMENTASI LIMBAH NANAS (ANANAS COMOSUS L. MERR) TERHADAP BOBOT BADAN DAN PERSENTASE POTONGAN KARKAS BROILER (PRIMA NITTHA, 2017)

PENGARUH EKTRAK BUAH NANAS (ANANAS COMOSUS (L) MERR.) TERHADAP PROSES PENYEMBUHAN LUKA PADA GINGIVA TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) (PEMERIKSAAN KLINIS PADA UKURAN LUKA SAMPAI HARI KE 14) (Putri Maulidia, 2015)

PENGARUH PENAMBAHAN SUKROSA DAN PEKTIN TERHADAP MUTU KIMIA PERMEN JELLY BUAH SRIKAYA (ANNONA SQUAMOSA L.) (Maidayana, 2019)

POTENSI ENZIM BROMELAIN DARI EKSTRAK NANAS (ANANAS COMOSUS) SEBAGAI BAHAN BLEACHING DITINJAU DARI PERUBAHAN WARNA DAN STRUKTUR EMAIL GIGI (Ainul Mardiah , 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy