//

ANALISIS NILAI TAMBAH BUAH KELAPA DAN KELAYAKAN USAHA KILANG MINYAK GORENG KELAPA DI KECAMATAN JULI KABUPATEN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DHIYAN NUBLINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Analisis Nilai Tambah Buah Kelapa Dan Kelayakan Usaha Kilang Minyak Goreng Kelapa Di Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen Dhiyan Nublina/Agribisnis Fakultas Petanian Universitas Syiah Kuala Abstrak Kelapa merupakan tanaman perkebunan dengan areal terluas di Indonesia, lebih luas dibandingkan karet dan kelapa sawit serta menempati urutan teratas untuk tanaman budidaya setelah padi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai tambah buah kelapa dan produk turunannya yang diperoleh petani dan pengolah kelapa di Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen, dan untuk mengetahui kelayakan usaha Kilang Minyak Goreng Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen dengan menggunakan metode purposive sampling. Data nilai tambah dianalisis menggunakan metode Hayami. Hasil analisis nilai tambah menunjukkan bahwa nilai tambah yang diperoleh petani kelapa bulat yaitu sebesar Rp.325/Kg, sedangkan nilai tambah yang diperoleh dari produk turunan kelapa berupa arang sebesar Rp.560/Kg, minyak goreng sebesar Rp.550/Kg dan kelapa cungkil sebesar Rp.400/Kg. Sedangkan data kelayakan usaha dianalisis menggunakan kriteria kelayakan yaitu NPV, Net B/C, IRR dan BEP. Hasil analisis kelayakan usaha Kilang Minyak Goreng Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen menunjukkan usaha tersebut layak dijalankan, dimana nilai NPV sebesar Rp. 2.511.492.137, Net B/C sebesar 1,77, IRR sebesar 63,48%, dan BEP sebesar 4,99 atau lamanya waktu yang dibutuhkan untuk terjadinya BEP yaitu 4 tahun 11 bulan 24 hari. Kata Kunci : Buah Kelapa, Minyak Goreng Kelapa, Nilai Tambah, Kelayakan Usaha

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENDAPATAN DAN NILAI TAMBAH INDUSTRI RUMAH TANGGA KELAPA GONGSENG DI UD. BINA USAHA DESA LADONG KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (NURLELA, 2015)

ANALISIS NILAI TAMBAH DAN BEBERAPA KENDALA AGROINDUSTRI DI KABUPATEN BIREUEN (Nanda Firmanda, 2014)

STUDI PENGARUH PEMANASAN BERULANG DAN WAKTU TAHAN PEMANASAN MINYAK GORENG TERHADAP NILAI KOEFISIEN VISKOSITAS (Nursabila Alhazmi, 2017)

ANALISIS FINANSIAL USAHA VCO (VIRGIN COCONOT OIL) PADA UD. FRESCO DI DESA GEUDUBANG JAWA KECAMATAN LANGSA BARO KOTA LANGSA (TRIA LUTVIA, 2015)

PEMETAAN POTENSI KONVERSI KAWASAN HUTAN MENJADI LAHAN KELAPA SAWIT DENGAN ANALISIS SPASIAL DI KABUPATEN BIREUEN (Naufal, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy