PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 BANDA ACEH


Pengarang

Riza Novia - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906101020039

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci: Model pembelajaran quantum teaching, hasil belajar
Penelitian ini berjudul “pengaruh pelaksanaan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP negeri 11 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sejarah dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching di bandingkan dengan metode konvesional pada mata pelajaran IPS. Pendekatam yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP 11 Banda Aceh, yang berjumlah 100 siswa. sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-2 sebagai eksperimen yang masing-masing berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalaui pemberian tes (post-tes) sedangkan teknik pengolahan dan anlisis data menggunakam rumus kolerasi product moment dan data tersebut diolah dengan menggunakan rumus uji t. hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa lebih baik pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Perhitungan korelasi (r) untuk mencari pengaruh variabel X dan Y diperoleh hasil sebesar r = 0,96, yang menunjukkan nilai kolerasi yang sangat tinggi, dan juga diperoleh hasil dari uji hipotesis ( uji t ) yaitu thitung 73,78 dan ttabel 1,68. Karena thitung lebih besar dari ttabel (73,78?1,68), sehingga hasil penelitian tersebut tinggi karena dapat mempengaruhi hasil belajar siswa maka korelasinya signifiknya yang berarti Ha diterima dan Ho di tolak. Dari hasil tersebut model pembelajaran quantum teaching memberi pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 11 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK