//

PENYELESAIAN KLAIM ASURANSI USAHATANI PADI PADA PT. ASURANSI JASINDO CABANG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. HERIZAL - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK M. HERIZAL, PENYELESAIAN KLAIM ASURANSI USAHATANI PADI PADA PT. ASURANSI JASINDO CABANG BANDA ACEH FakultasHukumUniversitasSyiah Kuala Banda Aceh (iv.67), pp, tabl, bibl, app. (T. Haflisyah, S.H., M.Hum. ) Dalam penyelesaian klaim asuransi usahatani padi sesuai Pasal 9 Ayat 2 Polis Induk Asuransi Usahatani Padi tentang Pembayaran Ganti Rugi menyebutkan bahwa pembayaran ganti rugi kepada tertanggung dilaksanakan oleh penanggung dilaksanakan dalam waktu paling lama 14 (empat belas) hari kerja, akan tetapi pada prakteknya pembayaran ganti rugi terhadap sawah tertanggung yang berakibat gagal panen lebih dari 14 (empat belas) hari kerja. Hal ini mengakibatkan tertahannya modal bagi petani untuk memulai kembali bertanam. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan penyelesain klaim asuransi usahatani padi dalam prakteknya oleh PT. Asuransi Jasindo Banda Aceh, hambatan-hambatan yang timbul dalam pengajuan klaim asuransi terhadap usahatani padi akibat gagal panen, upaya penyelesaian yang akan ditempuh oleh pihak tertanggung dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Data untuk penulisan skripsi ini adalah data sekunder yang diperoleh melelui penelitian kepustakaan yaitu dengan cara mempelajari peraturan perundang-undangan dan literatur-literatur yang ada reverensinya sesuai dengan masalah yang diteliti, sedangkan data primer diperoleh melalui penelitian lapangan yaitu dengan cara mewawancarai para responden dan informan yang selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penyelesaian klaim dalam prakteknya jauh berbeda dengan yang ada dalam sistem yang telah diatur, telatnya pembayaran ganti kerugian disebabkan karena telatnya penyerahan dokumen penyelesaian klaim kepada PT. Asuransi Jasindo dan kurangnya karyawan bagian Teknik dan klaim pada PT. Asuransi Jasindo, hambatan-hambatan yang timbul dalam penyelesaian klaim dimana masyarakat masih beranggapan bahwa asuransi itu haram, tidak dapat ditandakan sawah yang telah didaftarkan dalam polis, asuransi lalu adanya kecurigaan kepada tertanggung yang tidak jujur ketika melakukan klaim, disamping itu pula karyawan bagian klaim PT. Asuransi Jasindo yang sedikit sehingga memperlambat kerja. Upaya penyelesaian yang akan diempuh memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pentingnya berasuransi dan akan membentuk suatu kelompok pegawai kontrak untuk membantu mempermudah melakukan survey ke lapangan. Disarankan kepada pihak penanggung harus membuat sosialisasi terhadap masyarakat di setiap desaagar masyarakat lebih dekat dandapat mengikuti dan mendengarkan, Diharapkan PT. Asuransi Jasindo dalam membentuk tenaga kerja kontrak harus membuat pelatihan agar tidak terjadi kekeliruan dalam bekerja dilapangan, dan kepada pihak PT. Asuransi Jasindo hendaknya membuat kantor cabang disetiap kabupaten yang khusus menangani asuransi usahatani padi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSEDUR PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI JIWA BAGI NASABAH MENINGGAL DUNIA PADA AJB BUMIPUTERA 1912 KANTOR CABANG ASURANSI KUMPULAN BANDA ACEH (Yurisa Ulfa, 2014)

PROSEDUR PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI JIWA PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO) BANDA ACEH (NURUL MAULANA, 2017)

PELAKSANAAN KLAIM ASURANSI PENGANGKUTAN BARANG TERHADAP JASA PENGANGKUTAN (SUATU PENELITIAN PADA PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) DI BANDA ACEH) (SHAFIRA ADZANA M, 2020)

PERBANDINGAN ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN KONVENSIONAL DENGAN SYARIAH MENGGUNAKAN METODE BALANCE SCORECARD STUDI KASUS PADA PT ASURANSI BERLIAN CABANG MEDAN DAN PT ASURANSI BERLIAN SYARIAH CABANG ACEH (TRIE NADIRRA, 2020)

ANALISIS KOMPARATIF PENGARUH KONTRIBUSI/PREMI, KLAIM, DAN HASIL INVESTASI TERHADAP PERTUMBUHAN ASET TAKAFUL KELUARGA DENGAN ASURANSI JIWA KONVENSIONAL DI INDONESIA (Ilham Akbar, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy