//

PERAN HARIAN SERAMBI INDONESIA MENJALANKAN FUNGSI KONTROL SOSIAL TERHADAP LAHIRNYA QANUN NOMOR 17 TAHUN 2013 TENTANG KOMISI KEBENARAN DAN REKONSILIASI (KKR) ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rachmad Ramadhani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kontribusi Harian Serambi Indonesia diperlukan dalam menjalankan fungsi kontrol sosialnya terhadap DPRA untuk melahirkan Qanun KKR Aceh sebagai landasan hukum penegakan kebenaran keadilan non-justicia. Penelitian ini berjudul “Peran Harian Serambi Indonesia Menjalankan Fungsi Kontrol Sosial terhadap Lahirnya Qanun Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan fakta bentuk kontrol sosial Serambi Indonesia terhadap lahirnya Qanun KKR Aceh. Teori yang digunakan adalah Teori Agenda Setting. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa analisis isi kualitatif 6 artikel berita Serambi Indonesia edisi Desember 2013, wawancara semi terstruktur dan studi dokumentasi. Teknik pemilihan informan yang digunakan adalah teknik purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harian Serambi Indonesia tidak berperan aktif menjalankan kontrol sosial dalam mendesak DPRA melahirkan qanun KKR Aceh. Hal ini tampak dari pemberitaan yang sangat sedikit saat pembahasan qanun itu dilakukan, disebutkan juga pihak Serambi Indonesia tidak mengambil peran kontrol sosial secara aktif terhadap DPRA. Serambi hanya memberitakan peristiwa-peristiwa penting dalam penyusunannya. Kata kunci: Peran Media, Kontrol Sosial Pers, Qanun KKR Aceh, Harian Serambi Indonesia.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSES GATEKEEPING PEMBERITAAN LGBT PADA HARIAN SERAMBI INDONESIA (QURRATA AYUNI, 2019)

EUFEMISME DALAM SERAMBI INDONESIA EDISI BULAN JANUARI SAMPAI JUNI 2016 (Yulia Damayanti, 2018)

ANALISIS STRUKTUR TEKS EKSPOSISI PADA KOLOM OPINI HARIAN SERAMBI INDONESIA EDISI MEI TAHUN 2020 (Ardina Winarty, 2020)

ANALISIS TEMA DAN AMANAT CERITA PENDEK DALAM HARIAN SERAMBI INDONESIA TAHUN 2015 (Rinadara Andita Damayanti, 2017)

PENGARUH PEMBERITAAN PEMILIHAN PRESIDEN PADA RUBRIK SERAMBI ELECTION HARIAN SERAMBI INDONESIA TERHADAP PARTISIPASI POLITIK (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Ayu Haryati, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy