//

KAJIAN RENCANA INDUK SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM (RISPAM) REGIONAL KABUPATEN ACEH UTARA DAN KOTA LHOKSEUMAWE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang efendi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pemekaran wilayah Kabupaten Aceh Utara menjadi Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, menjadi suatu permasalahan tersendiri Kota Lhokseumawe dalam melakukan pengembangan SPAM, karena sumber air baku berada di Kabupaten Aceh Utara. Konsep SPAM Regional yaitu kerjasama antar kabupaten merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan penyediaan air bersih bagi masyarakat di kabupaten/kota tersebut. Penelitian ini bertujuan mengkaji ulang daerah layanan, kebutuhan air minum dan bentuk kelembagaan SPAM Regional Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dan data yang digunakan adalah data sekunder. Penentuan daerah layanan berdasarkan daerah pengembangan Rencana Tata Ruang Wilayah, daerah pengembangan SPAM perpipaan dan bukan perpipaan, daerah layanan masih rendah serta daerah yang padat penduduknya. Untuk kebutuhan air bersih diproyeksikan dari tahun 2016 sampai 2035. Hasil penelitian menunjukan daerah layanan SPAM Regional Kota Lhokseumawe yaitu Kecamatan Blang Mangat, Muara Dua, Muara Satu dan Kecamatan Banda Sakti. Untuk Kabupaten Aceh Utara yaitu Kecamatan Dewantara, Lapang, Muara Batu, Tanah Luas, Syamtalira Bayu, Syamtalira aron, Samudera, Nisam, Banda Baro, Kuta Makmur dan Kecamatan Simpang Kramat. Kebutuhan air bersih rata-rata untuk Kota Lhokseumawe sebesar 446,88 l/det di tahun 2035. Kebutuhan air bersih rata-rata untuk Kabupaten Aceh Utara sebesar 433,47 l/det di tahun 2035. Kebutuhan air bersih untuk pengembangan SPAM Regional yang akan melayani Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara sebesar 1.694,61 l/det pada tahun 2035. Alternatif sumber air baku yaitu dari Krueng Pase dan Krueng Tuan. Bentuk kelembagaan pengelola SPAM Regional yang disarankan yaitu BUMD. Kata Kunci : Sumber air baku, daerah layanan, kebutuhan air, kelembagaan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERENCANAAN JARINGAN AIR MINUM UNTUK KAWASAN ZONA PRIORITAS BERDASARKAN RISPAM KABUPATEN PIDIE (GERAL MIDYEN, 2019)

PERKEMBANGAN KOTA LHOKSEUMAWE, 1974-2014 (STUDI TENTANG: PEREKONOMIAN) (jannaturridha, 2016)

ANALISIS PENGEMBANGAN WILAYAH INDUSTRI LHOKSEUMAWE TERHA- DAP PENER-IMAAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN ACEH UTARA (Eka Nasria Murti, 2021)

ANALISIS KETIMPANGAN WILAYAH DAN PERTUMBUHAN EKONOMI ANTARA KABUPATEN INDUK DAN PEMEKARANNYA DI PROVINSI ACEH (SULASMI, 2020)

KAJIAN PRIORITAS PENGEMBANGAN DAERAH LAYANAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM (SPAM) KABUPATEN PIDIE (Sri Hartati, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy