//

ANALISIS UNSUR GERAK TARI LAWEUT DI SANGGAR SEULAWEUET

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syarifah Novarijah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Unsur gerak, tari Laweut Penelitian ini berjudul “Analisis unsur gerak tari Laweut di sanggar Seulaweuet” adapun yang menjadi masalahpada penelitian ini adalah bagaimana unsur ruang, waktu, dan tenaga pada tari Laweut di sanggar Seulaweuet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur ruang, waktu, dan tenaga pada tari Laweutdi sanggar Seulaweuet.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data diperoleh dengan teknik observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tari Laweutmemiliki ruang dengan level rendah, sedang, dan tinggi. Arah hadap yang bervariasi mulai dari depan, samping kanan, samping kiri, bawah, atas, belakang dan serong.Pada tari Laweut menggunakanvolume gerak kecil, sedang, dan besar, serta pola perpindahan garis lurus, berbelok dan memutar. Tenaga tari ini menggunakan tenaga tidak rata, maksudnya ada gerak yang lincah dan lembut. Durasi yang digunakan menunjukkan lamanya tari Laweutdalam membawakan seluruh rangkaian gerak tari dari awal sampai akhir. Tempo yang digunakan dalam tari ini adalah tempo cepat dan lambat, sehingga memberi kesan lincah namun juga terlihat sisi kelembutannya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN MUSIK IRINGAN TARI MEUSARE-SARE DI SANGGAR LEMPIA DAN SANGGAR NURUL ALAM BANDA ACEH (IKHSAN, 2014)

ANALISIS STRUKTUR TARI ZAPIN TAMIANG DI SANGGAR LENGGANG MUDE COMMUNITY KECAMATAN KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG (Rosy Dea Fatanah, 2019)

ANALISIS STRUKTUR TARI MEUSAREE-SAREERN DI SANGGAR CUT NYAK DHIEN BANDA ACEH (SURYANI SULAIMAN, 2015)

ANALISIS UNSUR GERAK TARI SEUDATI (Firda Lena, 2018)

STRUKTUR TARI TUAK KUKUR DI SANGGAR GAYO NUSANTARA ETNIK KABUPATEN BENER MERIAH (Dhea Sofiami Sas, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy