//

AMPLIFIKASI FRAGMEN 0,9 KB GEN DNA POLIMERASE I DARI ISOLAT JABOI SABANG SERTA ISOLAT PRIA LAOT SABANG A DAN 80

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Akbar Velayati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Fragmen 0,9 kb gen DNA Polimerase I dari tiga bakteri termofilik isolat Jaboi, PLS A dan 80 telah berhasil diamplifikasi dan ditentukan urutan basanya. Bakteri termohalofilik isolat PLS A dan 80 ditumbuhkan pada media padat ½ Thermus (½ T) yang telah dimodifikasi, sedangkan isolat Jaboi menggunakan media padat ½ Lisogeny Broth (½ LB). DNA Kromosom dari bakteri termofilik isolat Jaboi, PLS A dan 80 diamplifikasi menggunakan 2 pasang primer yaitu FP2 dan RP1 untuk amplifikasi fragmen 0,9 kb, serta FP1 dan RP1 untuk amplifikasi fragmen 0,6 kb. Fragmen gen dari bakteri isolat Jaboi, PLS A dan 80 diidentifikasi urutan basanya menggunakan metode direct sequencing blast dengan panjang urutan masing-masing 921 bp dan 642 bp. Urutan basa dari ketiga isolat selanjutnya dihomologikan dengan data gen di genbank NCBI. Hasil homologi fragmen 0,9 kb gen DNA Polimerase I dari ketiga isolat menunjukkan bahwa ketiga isolat memiliki kekerabatan terdekat dengan filum Geobacillus thermoleovorans dengan nilai sequence similarity 99%. Konstruksi pohon filogenetik menggunakan metode bootstrap dan neighbor-joining pada aplikasi MEGA 6. Hasil konstruksi menunjukkan bahwa fragmen 0,9 kb gen DNA Polimerase I dari isolat Jaboi memiliki kekerabatan terdekat dengan Geobacillus Thermoleovorans, namun PLS A dan 80 berada pada cabang tersendiri (outgroup), sehingga diduga berasal dari urutan sekuen yang baru. Prediksi struktur protein fragmen 0,9 kb DNA Polimerase I dari ketiga isolat menggunakan metode pemodelan struktur. Hasil prediksi menunjukkan bahwa fragmen ini merupakan bagian dari domain polimerase dan mempunyai homologi dengan domain polimerase dari Geobacillus stearothermophilus.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SKRINING DAN OPTIMASI PRODUKSI PROTEASE DARI MIKROORGANISME TERMOFILIK DAN HALOFILIK ISOLAT LOKAL PRIA LAOT SABANG (Atikah, 2014)

SKRINING DAN STUDI POTENSI α-AMILASE TERMOSTABIL YANG DIHASILKAN DARI MIKROORGANISME TERMO-HALOFILIK ISOLAT PRIA LAOT-SABANG (Jasmin Putri Nabila, 2014)

PEMURNIAN DAN KARAKTERISASI LIPASE TERMOSTABIL DARI BACILLUS SP. ISOLAT JABOI SABANG DENGAN FRAKSINASI ASETON (Mildatul Ulya, 2014)

BIODIVERSITAS GEN 16S RRNA BAKTERI TERMO-HALOFILIK ISOLAT LOKAL PRIA LAOT SABANG (Sri Rahmadani, 2016)

AMPLIFIKASI GEN DNA POLIMERASE DARI BAKTERI TERMO-HALOFILIK PRIA LAOT SABANG (PLS) A (DIANA EKA PUTRI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy