KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI BUNYI DENGAN PENDEKATAN CTL DI KELAS IV SD NEGERI 2 LAMBHEU KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI BUNYI DENGAN PENDEKATAN CTL DI KELAS IV SD NEGERI 2 LAMBHEU KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

siti maisarah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806104040040

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

372.35

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci : ketuntasan hasil belajar, energi bunyi, pendekatan CTL

Penelitian ini berjudul “Ketuntasan Hasil Belajar Siswa pada Materi Energi Bunyi dengan Pendekatan CTL di Kelas IV SD Negeri 2 Lambheu Kabupaten Aceh Besar”. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah ketuntasan hasil belajar siswa pada materi energi bunyi dengan penggunaan pendekatan CTL di kelas IV SD Negeri 2 Lambheu Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada materi energi bunyi dengan penggunaan pendekatan CTL di kelas IV SD Negeri 2 Lambheu Kabupaten Aceh Besar. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Lambheu Kabupaten Aceh Besar dan pengambilan sampel dengan teknik total sampling sehingga sampel dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas kelas IV SD Negeri 2 Lambheu Kabupaten Aceh Besar yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 13 laki-laki dan 18 perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Lambheu Kabupaten Aceh Besar dapat ditarik kesimpulan, bahwa dengan taraf signifikan ? = 0,05 dan db (distribusi bilangan) = n -1 = 31 – 1 = 30, maka daftar distribusi t dengan t1 - ? (db) = t1 – 0,05 (30) = t 0,95 (30), sehingga diperoleh t 0,95 (30) = 1,70 karena thitumg > ttabel, yaitu 7,05 > 1,70. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis dalam penelitian ini menyatakan bahwa “Penerapan pendekatan CTL dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran energi bunyi di kelas IV SD Negeri 2 Lambheu Kabupaten Aceh Besar”, dapat diterima.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK