POLA KEKERABATAN SUKU PAKPAK (SUATU STUDI DESKRIPTIF TERHADAP MASYARAKAT SUKU PAKPAK DI DESA SUMBUL BERAMPU, KECAMATAN LAE PARIRA, KABUPATEN DAIRI SUMATERA UTARA) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

POLA KEKERABATAN SUKU PAKPAK (SUATU STUDI DESKRIPTIF TERHADAP MASYARAKAT SUKU PAKPAK DI DESA SUMBUL BERAMPU, KECAMATAN LAE PARIRA, KABUPATEN DAIRI SUMATERA UTARA)


Pengarang

RONAULI MATANARI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106101010026

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata kunci: pola kekerabatan, suku pakpak
Penelitian ini berjudul Pola Kekerabatan Suku Pakpak yang dilatarbelakangi oleh terjadinya perubahan atau pergeseran pola kekerabatan dari yang sebagaimana mestinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pola Kekerabatan pada masyarakat Suku Pakpak, (2) Apa penyebab terjadinya pergeseran Pola Kekerabatan masyarakat Suku Pakpak, (3) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam mempertahankan Pola Kekerabatan pada masyarakat Suku Pakpak di Desa Sumbul Berampu, Kec. Lae Parira, Kab. Dairi Sumatera Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Pola Kekerabatan Suku Pakpak, (2) Untuk mengetahui penyebab terjadinya pergeseran Pola Kekerabatan masyarakat Suku Pakpak, dan (3) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam mempertahankan Pola Kekerabatan pada masyarakat Suku Pakpak di Desa Sumbul Berampu, Kec. Lae Parira, Kab. Dairi Sumatera Utara. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang tokoh adat di Desa Sumbul Berampu, Kecamatan Lae Parira, Kabupaten Dairi Sumatera Utara. Teknik pengolahan data yang sudah dikumpulkna dari lapangan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pola kekerabatan pada masyarakat Suku Pakpak berdasarkan Sulang Silima(lima unsur kekerabatan Pakpak), (2) Penyebab pergeseran pola tersebut adalah pengaruh budaya luar dan kurangnya pengetahuan mengenai pola kekerabatan, (3) Kendala yang dihadapi dalam mempertahan pola kekerabatan tersebut adalah masyarakat maupun generasi penerus dan pemerintah kurang perduli dengan permasalahan yang ada.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK