//

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM PADA SISWA KELAS I SMP NEGERI 3 INDRA JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lidia - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
PHYSICS-EDUCATIONS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: modul, prestasi belajar Kecendrungan guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada guru sering kali mempengaruhi prestasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran maka dari itu penulis memilih penerapan metode praktikum pada pada materi gerak. Rumusan masalah adalah “Apakah penerapan metode praktikum dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada SMP Negeri 3 Indrajaya?”, “Apakah aktivitas guru dan siswa dalam melakukan kegiatan belajar mengajar mencerminkan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode praktikum?”, Bagaimana ketrampilan guru dalam mengolola pembelajaran melalui penerapan metode praktikum?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar melalui siswa, mengetahui aktivitas guru dan siswa, mengetahui ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SMP Negeri 3 Indrajaya dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar fisika kelas I pada materi gerak melalui penerapan pembelajaran metode praktikum. Analisis data menggunakan statistik deskriptif disimpulkan: (1) Prestasi belajar siswa meningkatkan dari siklus 1, 2 dan 3. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan individual pada siklus 1, 2 dan 3 meningkatkan dari 65%, 75% dan sampai 85%. (2) Kegiatan guru yang paling dominan muncul pada penerapan pembelajaran metode praktikum selama siklus 1, siklus 2 dan siklus 3 adalah membimbing siswa melakukan eksperimen, menjawab soal di LKS, menulis laporan sendiri, berdiskusi dan mengawasi kegiatan diskusi. Sedengkan aktivitas siswa yang paling dominan muncul adalah melakukan eksperimen dan menjawab soal yang ada di LKS dan berdiskusi baik sesama kelompok maupun diskusi antara kelompok dan memperhatikan penjelasan guru tentang bahan diskusi. (3) Ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran melalui penerapan metode praktikum selama siklus 1, siklus 2 dan siklus 3 mengalami peningkatan yaitu dari katagori baik dan baik sekali. Disaran kan metode pembelajar ini dapat digunakan pada materi-materi yang lain.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA YANG DI AJARKAN DENGAN PHET SIMULATION DAN PRAKTIKUM DI SMA NEGERI 1 KEMBANG TANJONG (Muhammad Rizki Fajri, 2017)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MELALUI KEGIATAN PRAKTIKUM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LAWE SIGALAGALA TAHUN PELAJARAN 2012-2013 (MUZAKKIR, 2013)

KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN KIT PADA PELAJARAN FISIKA (Syahraini, 2020)

PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL DALAM MELAKUKAN PRAKTIKUM FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (Tengku Diah Zulismi Putri, 2016)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MELALUI KEGIATAN PRAKTIKUM DI SMA NEGERI 1 KOTA BANDA ACEH (Desy Maulidar, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy