//

PERBANDINGAN KESIAPAN TOILET TRAINING PADA ANAK TODDLER DI GAMPONG LAMBAED ACEH BESAR DAN GAMPONG LAKSANA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NARIS SUCIATI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Toilet training ini dapat berlangsung pada fase kehidupan anak yaitu umur 18 bulan sampai 2 tahun. Dalam melakukan latihan buang air kecil dan besar pada anak membutuhkan persiapan baik secara fisik, psikologis maupun secara intelektual, melalui persiapan tersebut diharapkan anak mampu mengontrol buang air besar dan buang air kecil secara mandiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan kesiapan toilet training pada anak toddler Gampong Lambaed Aceh Besar dan Gampong Laksana Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Comparative Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki anak toddler yang berada di Gampong Lambaed Aceh Besar sebanyak 50 orang dan Gampong Laksana Kota Banda Aceh 223 orang. Pengambilan sampel di penelitian ini menggunakan tehnik Quota Sampling sebanyak 36 di Gampong Laksana dan 36 di Gampong Lambaed. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan alat ukur kuesioner. Analisa data mengunakan analisa univariat dan bivariat uji U test. Hasil penelitian ini ada perbedaan kesiapan toilet training pada anak toddler Gampong Lambaed Aceh Besar dan Gampong Laksana Kota Banda Aceh, (p-value = 0.000), ada perbedaan kesiapan fisik toilet training pada anak toddler (p-value = 0.000), ada perbedaan kesiapan psikologis toilet training pada anak toddler (pvalue = 0.005) dan ada perbedaan kesiapan intelektual toilet training pada anak toddler (p-value = 0.001). Diharapkan bagi tenaga kesehatan agar meningkatkan penyuluhan kepada ibu yang mempunyai anak balita tentang pentingnya toilet training pada anak sehingga ibu dapat termotivasi untuk melakukan toilet training pada anak. Kata Kunci : Kesiapan, Fisik, Psikologis, Intelektual, Toilet Training Daftar Bacaan : 16 buku, 15 jurnal, 6 Sumber Online (2002-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KESIAPAN ANAK DENGAN KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK BALITA DI PAUD DAN TK BUNGONG SEULEUPOEK UNSYIAH DARUSSALAM BANDA ACEH TAHUN 2012 (MULA RIZKI, 2014)

HUBUNGAN POLA ASUH KELUARGA DENGAN PENERAPAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODDLER DI PAUD KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH (cut aja nuri, 2016)

PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN TERHADAP MOBILITAS SOSIAL WANITA DI GAMPONG LAKSANA BANDA ACEH (Diani Khairunnisa, 2017)

HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANGTUA TENTANG STIMULASI BAHASA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA TODDLER DI GAMPONG LAMPEUDAYA KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (ABQARIAH, 2016)

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TEKNIK MENGHADAPI TEMPER TANTRUM PADA ANAK TODDLER DI GAMPONG TUNGKOP KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2014 (Linda Kusuma, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy