HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS X SMA N 16 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS X SMA N 16 BANDA ACEH


Pengarang

CUT WANTI MEGASARI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103020086

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Megasari, Cut Wanti. 2016. Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe Think-Talk- Write (TTW) Pada Materi Statistika di Kelas X SMA N 16 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
Dra. Erni Maidiyah, M. Pd., (2) Dra. Yuhasriati, M. Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, model pembelajaran tipe Think-Talk-Write (TTW), materi statistika

Matematika memegang peranan yang sangat penting karena dipelajari oleh semua bidang ilmu untuk menganalisa berbagai masalah, mengembangkan daya konsentrasi, meningkatkan kemampuan berfikir logis, kritis, kreatif, rasional serta dinamis sehingga mampu membentuk ide-ide baru yang berguna bagi kehidupan. Akan tetapi, matematika itu kurang dipahami oleh siswa. Agar matematika itu mudah dipahami oleh siswa, maka tugas guru menciptakan proses pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih tertarik belajar matematika. Solusi untuk dapat membuat siswa aktif dalam belajar adalah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif. Salah satu model dalam pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran tipe Think-Talk-Write (TTW). Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1) Apakah hasil belajar siswa melalui model Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) pada materi statistika di Kelas X IPS SMA Negeri 16 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan dan (2) Bagaimana respon siswa kelas X IPS SMA Negeri 16 Banda Aceh pada materi statistika terhadap penerapan model pembelajaran tipe Think-Talk-Write (TTW).
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dan pengumpulan data dilakukan dengan memberi tes dengan instrumen berupa soal tes dalam bentuk essay pada materi statistika dan angket respon siswa. Data tes diperoleh setelah selesainya penerapan model pembelajaran tipe Think-Talk-Write (TTW). Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji statistik yang sesuai yaitu uji satu pihak, tepatnya uji pihak kanan. Dari hasil pengolahan data didapat t_hitung = 3,42 dan t_tabel = 1,73 atau t_hitung> t_tabel pada taraf signifikan ? = 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran tipe Think-Talk-Write (TTW) pada materi statistika dikelas X IPS SMA Negeri 16 Banda Aceh sudah mencapai ketuntasan belajar dan respon siswa terhadap model kooperatif tipe TTW tersebut adalah positif.



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK