ANALISIS HUBUNGAN VARIABEL MAKROEKONOMI DAN IHSG INDONESIA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS HUBUNGAN VARIABEL MAKROEKONOMI DAN IHSG INDONESIA


Pengarang

RINI ROCHMANIZA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1201101010070

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Pembangunan (S1) / PDDIKTI : 60201

Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

332.642

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Judul : Analisis Hubungan Variabel Makroekonomi Dan IHSG
Indonesia
Nama : Rini Rochmaniza
Nim : 1201101010070
Fakultas/Jurusan : Ekonomi dan Bisnis/Ekonomi Pembangunan
Pembimbing : Prof. Dr. Raja Masbar, M.Sc

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui hubungan variabel makroekonomi dan Indeks Harga Saham Gabungan di Indonesia.variabel makroekonomi yang dimaksud adalah Suku Bunga Bank Indoensia (SBI), Inflasi, Nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat, Harga Emas, dan Jumlah Uang Beredar. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Vector Autoregressive (VAR) dengan menggunakan data bulanan dari bulan Juni 2005 sampai dengan bulan Desember 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Nilai tukar, Jumlah uang beredar terhadap indeks harga saham gabungan. Ketika suku bunga dan jumlah uang beredar meningkat akan mempengaruhi nilai indeks harga saham gabungan. Pengujian dari uji kointegrasi menunjukkan bahwa pada ke enam variabel yang diuji yaitu jumlah uang beredar, nilai tukar (kurs), inflasi, suku bunga Bank Indonesia, harga emas, dan indeks saham gabungan memiliki hubungan keseimbangan jangka panjang (hubungan kointegrasi). Berdasarkan penelitian ini Bank Indonesia diharapkan mampu menjaga kestabilan nilai tukar, menjaga jumlah uang beredar yang ada di kalangan masyarakat. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan agar menggunakan indikator pengukuran dengan variabel keuangan lainnya sehingga dapat membandingkan seberapa besar hubungan antara variabel penentu indeks harga saham gabungan di Indonesia.
Kata Kunci : Suku Bunga Bank Indonesia, Inflasi, Jumlah Uang Beredar, Nilai Tukar, Harga Emas, Indeks Harga Saham Gabungan, VAR.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK