//

PENDETEKSIAN KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN DALAM PERSPEKTIF FRAUD TRIANGLE (STUDI PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2014)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Gita Justisa - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari komponen fraud triangle dalam mendeteksi kecurangan laporan keuangan. Berdasarkan teori fraud triangle terdapat tiga variabel yang dihipotesiskan mempengaruhi terjadinya kecurangan, yaitu pressure, opportunity, dan rationalization. Pengukuran yang digunakan untuk pressure, yaitu stabilitas keuangan, leverage, target keuangan, dan likuiditas. Pengukuran yang digunakan untuk opportunity, yaitu efektifitas pengawasan dan transaksi pihak istimewa. Pengukuran yang digunakan untuk rationalization yaitu pergantian auditor. Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan non keuangan yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) tahun 2012-2014. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan menghasilkan 271 perusahaan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan pressure, opportunity, dan rationalization berpengaruh terhadap kecurangan dalam laporan keuangan. Secara parsial penelitian menunjukkan bahwa semua variabel berpengaruh signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan. Kata kunci: kecurangan laporan keuangan , fraud triangle, faktor resiko kecurangan, stabilitas keuangan, leverage, target keuangan, likuiditas, efektifitas pengawasan, transaksi pihak istimewa, pergantian auditor.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH ELEMEN FRAUD PENTAGON TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PADA TAHUN 2012 S.D 2018) (GAZA FARHAN, 2020)

PENGARUH EFEKTIVITAS PENGAWASAN, TEKANAN EKSTERNAL, PERGANTIAN DIREKSI, DAN STABILITAS KEUANGAN TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2017 (SAFITRI RIDWAN, 2019)

PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN PERGANTIAN AUDITOR TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN (Maya Agustin, 2014)

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP AUDIT REPORT LAG PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN RN2010-2012 (mutia dewi, 2014)

THE INFLUENCE OF CORPORATE TAX AVOIDANCE, AUDIT OPINION, COMPANY AGE, AND LEVERAGE RATIO ON TIMELINESS OF FINANCIAL REPORTING (EMPIRICAL STUDY ON MANUFACTURING COMPANIES LISTED ON INDONESIA STOCK EXCHANGE YEAR 2014-2017) (WILSEN YUNGNATA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy