//

PENGARUH PEMBERITAAN BENCANA ALAM DI HARIAN SERAMBI INDONESIA TERHADAP KESADARAN MASYARAKAT (STUDI PADA MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Istiqomah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Aceh merupakan daerah rawan bencana alam, karena bencana alam datang secara tidak terduga, sebaiknya setiap masyarakat Aceh menjadi masyarakat yang sadar akan bencana, Harian Serambi Indonesia sebagai salah satu media cetak lokal Aceh diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan bencana alam melalui pemberitaan-pemberitaan yang disajikan. Kurangnya kesadaran masyarakat akan bencana alam, dikhawatirkan akan menimbulkan kepanikan di masyarakat. Hal ini yang melandasi penelitian mengenai pemberitaan bencana alam pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemberitaan bencana alam di Harian Serambi Indonesia terhadap kesadaran masyarakat di kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan teori Agenda Setting, teori ini berasumsi bahwa media mempunyai kemampuan untuk menyeleksi dan mengarahkan perhatian masyarakat pada gagasan atau peristiwa tertentu. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini kuantitatif dengan metode survei. Berdasarkan rumus Slovin, didapatkan jumlah responden pada penelitian ini ialah 100 responden yang terpilih berdasarkan teknik purposive sampling, teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Hasil dari analisis regresi linear sederhana bahwa terdapat pengaruh yang positif antara pemberitaan bencana alam di Harian Serambi Indonesia terhadap kesadaran masyarakat Kota Banda Aceh dengan koefisien regresi sebesar 0,590. Hasil uji hipotesis terdapat nilai t_hitung sebesar 9,670 sedangkan nilai t_tabel ialah 1,984 pada taraf signifikansi 5%. Penarikan kesimpulannya ialah jika t_hitung > t_tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga, 9,670 > 1,984 maka Ha diterima. Ini artinya, pemberitaan bencana alam di Harian Serambi Indonesia berpengaruh positif terhadap kesadaran masyarakat kota Banda Aceh. Kata kunci : Bencana Alam, Pemberitaan, Kesadaran

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSES GATEKEEPING PEMBERITAAN LGBT PADA HARIAN SERAMBI INDONESIA (QURRATA AYUNI, 2019)

PENGARUH PEMBERITAAN HARIAN SERAMBI INDONESIA TENTANG KASUS SEKS BEBAS TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ORANG TUA DI KOTA BANDA ACEH (nurhayati, 2013)

PENGARUH TERPAAN PEMBERITAAN ALIRAN SESAT DI HARIAN SERAMBI INDONESIA TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENDIDIKAN DAYAH (STUDI PADA MASYARAKAT DESA LAMTEUMEN TIMUR KECAMATAN JAYA BARU – KOTA BANDA ACEH) (Ahmad Febi Rozaki, 2017)

PENGARUH PEMBERITAAN PEMILIHAN PRESIDEN PADA RUBRIK SERAMBI ELECTION HARIAN SERAMBI INDONESIA TERHADAP PARTISIPASI POLITIK (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Ayu Haryati, 2016)

SISTEM PEMBERITAAN OPINI MEDIA SERAMBI INDONESIA (Rismunaldi, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy