PENGETAHUAN PEKERJA MEBEL KAYU TENTANG RESIKO GANGGUAN PERNAPASAN DI WILAYAH KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGETAHUAN PEKERJA MEBEL KAYU TENTANG RESIKO GANGGUAN PERNAPASAN DI WILAYAH KOTA BANDA ACEH


Pengarang

muhajirin - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1207101020127

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEPERAWATAN

SKRIPSI
Agustus 2016

Xiii + VI Bab + 55 halaman + 7 tabel + 1 skema + 13 lampiran

Muhajirin
1207101020127

PENGETAHUAN PEKERJA MEBEL KAYU TENTANG RESIKO GANGGUAN PERNAPASAN DI WILAYAH KOTA BANDA ACEH

ABSTRAK
Pengetahuan merupakan hasil dari tahu dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Pengetahuan tentang resiko terjadinya gangguan pernapasan sangat penting diketahui oleh pekerja mebel untuk merubah sikap dan perilaku sehari-hari dalam bekerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan pekerja mebel kayu tentang resiko gangguan pernapasan diwilayah Kota Banda Aceh. Jenis penelitian deskriptif dengan desain cross sectional study. Populasi penelitian berjumlah 133 orang dengan jumlah sampel 57 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 29 Juli – 1 Agustus 2016 dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan analisa univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pekerja mebel kayu diwilayah Kota Banda Aceh sebagian besar berada pada kategori kurang (54,4%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada puskesmas dan dinas kesehatan agar dapat memberikan penyuluhan terkait gangguan pernapasan dan pentingnya alat pelindung diri, serta disarankan kepada pemerintah dan dinas tenaga kerja agar dapat memfasilitasi alat pelindung diri untuk meningkatkan keselamatan pekerja mebel kayu di wilayah Kota Banda Aceh.
Kata kunci : Pekerja, pengetahuan dan resiko gangguan pernapasan.
Daftar bacaan: 20 buku + 4 sumber online + 4 jurnal + 5 skripsi + 1 Artikel (2000- 2016)

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK