//

PERILAKU STRUKTUR ESCAPE BUILDING KONSTRUKSI BAJA DENGAN METODE ONE LOST OF COLUMN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Misqul Syakirah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Indonesia mer ABSTRAK upakan negara yang terletak di antara tiga lempeng utama dunia. Terlebih, Aceh berada pada jalur pertemuan dua lempeng yaitu Indo-Australia dan Eurasia. Hal ini yang menyebabkan Aceh pada khususnya merupakan wilayah yang sangat rawan dengan bencana gempa bumi dan tsunami. Sebagian besar wilayah Aceh berada di daerah pesisir pantai sehingga bangunan-bangunan sangat memungkinkan untuk terkena dampak tsunami seperti peristiwa gempa bumi dan tsunami tanggal 2 6 Desember 2004 silam. Pasca gempa dan tsunami, sangat dibutuhkan banguna n yang masih kokoh untuk dijadikan lokasi pengungsian sehingga perlu direncanakan suatu alternatif bangunan yang mampu menahan beban gempa dan tsunami. Bangunan pengungsian ini sering disebut Escape Building, direncanakan dengan jenis struktur yaitu struktur baja. Metode yang digunakan dalam perencanaan adalah metode one lost of column, yaitu metode simulasi bangunan dengan asumsi satu per satu kolom yang berada pada baris terdepan bangunan yang menghadap ke arah pantai mengalami kehancuran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perilaku struktur story displacement (perpindahan antar lantai), story drift (simpangan antar lantai) dan base shear (gaya geser dasar) serta tinjauan terhadap faktor torsi dan guling dari struktur gedung Escape Building 4 (empat) lantai untuk dapat diketahui tingkat keamanan struktur bangunan ini ketika menerima beban gempa dengan bantuan software SAP2000 (structure analysis program) versi 17 dan mengacu pada SNI1727-2013 dan SNI-1726-2012. Rasio kapasitas terbesar 0,929 < 0,95 dalam kategori aman. Hasil nilai displacement terbesar masing-masing arah X dan Y adalah (0,02771; 0,0143) m, hasil drift terbesar masing-masing arah X dan Y adalah (0,0567; 0,0257) m, nilai base shear memenuhi syarat SNI 1726-2012 yaitu lebih besar dari 904,1814 kN. Dilihat dari tinjauan torsi, didapatkan nilai faktor torsi sebesar 2,4212 dan untuk tinjauan guling, didapatkan nilai faktor keamanan guling sebesar 39,880. Kata kunci: Escape Building, One Lost of Column, Perilaku Struktur

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KELENGKAPAN FASILITAS TSUNAMI ESCAPE BUILDING (TEB) DI KECAMATAN MEURAXA UNTUK KELAYAKAN TEMPAT EVAKUASI SEMENTARA (TES) (ZAHRINA, 2019)

PERBANDINGAN DAYA DUKUNG BALOK WARREN TRUSS DARI BAJA RINGAN DAN BAJA BERAT (roji saputra, 2013)

PERBANDINGAN DAYA DUKUNG BALOK WARREN TRUSS WITH VERTICAL DARI BAJA RINGAN DAN BAJA BERAT PERBANDINGAN DAYA DUKUNG BALOK WARREN TRUSS WITH VERTICAL DARI BAJA RINGAN DAN BAJA BERAT (Mukhtasarul Mizan, 2013)

IDENTIFIKASI FREKUENSI NATURAL DAN DAMPING RATIO DENGAN MENGGUNAKAN MIKROTREMOR GEDUNG EVAKUASI BENCANA DESA ULEE LHEUE DAN DESA LAMBUNG (RAHMAD GUMELAR H, 2018)

ANALISIS PERILAKU PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI UKURAN PROFIL (Aris Abdillah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy