//

PERBANDINGAN KONSTRUKSI REALITAS PEREMPUAN PADA MAJALAH POTRET DENGAN MAJALAH PARAS SEBAGAI OBJEK PEMBERITAAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Handayani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Perbandingan Konstruksi Realitas Perempuan pada Majalah Potret dengan Majalah Paras sebagai Objek Pemberitaan”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan konstruksi realitas perempuan di majalah Potret dengan majalah Paras sebagai objek pemberitaan. Media massa menganggap perempuan sebagai objek pemberitaan yang akan mendatangkan keuntungan. Berita mengenai perempuan dari berbagai sisi sangat menarik untuk diberitakan. Media mengkonstruksi perempuan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat yang berdasarkan pada isu atau fenemona perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis framing dari Zhongdang Pan dan Gerald M. Konsicki yang mencakup empat struktur yaitu sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Pemilihan edisi majalah dan teks berita menggunakan teknik simple random sampling berdasarkan hasil undian yang dipilih secara acak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa majalah Potret mengkonstruksi perempuan sebagai perempuan yang berpendidikan dengan berbagai prestasi dan potensi yang dimiliki. Framing pada majalah Potret dari segi sintaksis, majalah Potret dalam menyusun berita kurang menekankan bagian headline dan lead. Sementara itu dari segi skrip, majalah Potret menceritakan isi berita sesuai dengan kelengkapan berita. Namun masih kurang pada penguatan pernyataan narasumber atau pada unsur who. Dari analisis tematik, majalah Potret mengemas teks berita dengan baik yang disajikan dalam bentuk paragraf, proposisi, dan hubungan antar kalimat. Sedangkan analisis retoris, majalah Potret kurang menggunakan pilihan kata, idiom atau kata kiasan dalam penekanan tertentu pada penyajian berita. Sedangkan majalah Paras mengkonstruksi pemberitaan perempuan yang berfokus pada wacana keperempuanan muslimah seperti modernitas, tradisionalitas dan feminisme. Framing majalah Paras dari segi sintaksis, majalah Paras menyusun berita dengan menyajikan berbagai fakta sesuai dengan skema berita. Dari segi skrip, majalah Paras memaparkan isi berita sesuai dengan unsur-unsur berita. Namun, masih terdapat kekurangan pada penjelasan unsur when. Pada analisis tematik, majalah Paras mengkonstruksi berita dengan penyajian kalimat dalam bentuk proposisi, dan hubungan antar kalimat dengan baik. Untuk analisis retoris, majalah Paras banyak menggunakan pilihan kata, idiom atau kata kiasan dalam penekanan isi berita. Kata Kunci: Konstruksi Realitas, Perempuan, Analisis Framing, Majalah Potret, dan Majalah Paras

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGUNAAN BAHASA ASING DALAM KARANGAN BEBAS PADA MAJALAH POTRET (Khairunnisak, 2016)

KARAKTERISTIK PUISI REMAJA DALAM MAJALAH POTRET (Ayunita, 2016)

SYARIAT ISLAM DI ACEH DALAM LIPUTAN KHUSUS MAJALAH TEMPO (ANALISIS WACANA KRITIS NORMAN FAIRCLOUGH) (TEUKU RAJA MUDA DHARMA BENTARA, 2015)

MANAJEMEN REDAKSI MAJALAH “SANTUNAN” PADA KANTOR WILAYAH KEMENTRIAN AGAMA PROVINSI ACEH (Muhammad Irhamuddin, 2018)

ANALISIS CITRAAN PUISI ANAK DALAM MAJALAH BOBO (Iswani Husna, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy