//

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP EKSISTENSI JURNALIS PEREMPUAN DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zahratil Ainiah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Persepsi Masyarakat terhadap Eksistensi Jurnalis Perempuan di Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan persepsi masyarakat Banda Aceh terhadap eksistensi jurnalis perempuan di media cetak, online, elektronik, dan radio. Jurnalis perempuan di Banda Aceh, bila dilihat dari segi data yang diperoleh dari wawancara awal, masih sedikit jumlahnya sebab yang membidangi profesi tersebut mayoritas laki-laki. Karena jumlah yang sedikit itu, banyak orang beranggapan bahwa profesi sebagai jurnalis kurang layak bagi perempuan. Anggapan lain, pada dasarnya perempuan berada di bidang domestik atau pekerjaan yang lazim dengannya. Atas dasar itu, penelitian ini mengkaji persepsi masyarakat Kota Banda Aceh terhadap jurnalis perempuan di media cetak, online, elektronik, dan radio. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu peneliti yang mendeskripsikan bagaimana persepsi masyarakat terhadap jurnalis perempuan. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Banda Aceh yang berjumlah sebanyak 27 orang. Pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposif yang dipilih berdasarkan kriteria, yaitu masyarakat yang mengetahui jurnalis perempuan, berdomisili di Banda Aceh, dan usia 15 sampai 64 tahun. Penelitian ini menggunakan teori konstruktivisme melalui proses kognitif, teori tersebut menjelaskan perbedaan setiap individu dalam kemampuannya berkomunikasi untuk memberi nilai dan makna. Hasil penelitian ini adalah masyarakat Banda Aceh memberikan persepsi positif kepada jurnalis perempuan. Karena jurnalis perempuan lebih memperhatikan aspek-aspek sosial, berempati besar, membuat berita menarik, unik, dan detail serta profesi tersebut dianggap oleh masyarakat sebagai salah satu pekerjaan untuk mengembangkan karya, mengasah keahlian, kemampuan, dan potensi seseorang. Kata Kunci: Jurnalis Perempuan, Masyarakat, dan Persepsi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EKSISTENSI JURNALIS PEREMPUAN DALAM KESETARAAN GENDER DI BANDA ACEH DAN ACEH BESAR (ATIKA SHARFINA, 2021)

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP EKSISTENSI PERS MAHASISWA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Kartika Yanti, 2016)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH TENTANG PEMBERLAKUAN JAM MALAM BAGI PEREMPUAN ( STUDI KASUS DI KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH) (Jamalul Hakim, 2017)

FENOMENA PETISI ONLINE PADA SITUS CHANGE.ORG DI KALANGAN JURNALIS (STUDI TERHADAP JURNALIS DI SEKRETARIAT JURNALIS BANDA ACEH) (Syahril, 2018)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DI KOTA BANDA ACEH (Siti Intan Maulana, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy