Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN (Studi Kasus Kabupaten Aceh Tengah)
Pengarang
lailaturrahmi - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0708101010046
Fakultas & Prodi
Fakultas MIPA / Matematika (S1) / PDDIKTI : 44201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
519.5
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kecamatan sebagai salah satu instansi penyelenggara pelayanan publik dapat
mengetahui baik dan buruknya kinerja pelayanan terhadap masyarakat melalui umpan
balik yang diberikan oleh masyarakat, yaitu berupa persepsi tingkat kepuasan
masyarakat terhadap kualitas pelayanan. Umpan balik tersebut dapat menjadi
masukan untuk peningkatan kualitas pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui persepsi masyarakat serta memperoleh faktor-faktor yang
mempengaruhi tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan dalam
mengurus Surat Keterangan Miskin (SKM). Data yang digunakan adalah data
sekunder dari hasil survey yang dilakukan oleh Local Government Innovations for
Community in Aceh (LOGICA2) bersama Aceh Institute (AI) pada beberapa
kecamatan di Kabupaten Aceh Tengah. Responden yang mengurus SKM mayoritas
adalah masyarakat dengan status pekerjaan petani dan pada umumnya berpendidikan
tidak lulus SD, SD dan SMP/sederajat. Persepsi tingkat kepuasan masyarakat
terhadap kualitas pelayanan publik berdasarkan variabel-variabel indikator pelayanan
publik, umumnya hasil menunjukkan bahwa masyarakat menilai kualitas pelayanan
yang diberikan oleh beberapa kecamatan sudah bagus. Sebanyak 38 variabel
indikator pelayanan publik di ekstraksi dan menghasilkan 10 faktor yang
mempengaruhi tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan dalam
mengurus SKM dengan persentase varians total sebesar 76,717 %. Kesepuluh faktor
tersebut yaitu faktor keadilan mendapat pelayanan, kesopanan dan keramahan,
kenyamanan lingkungan kantor camat, kemampuan petugas, sikap menghargai,
kedisiplinan petugas, kenyamanan kantor keuchik, tanggungjawab petugas, prosedur
pelayanan dan kepastian biaya. Diantara kesepuluh faktor tersebut, yang paling
mempengaruhi kualitas pelayanan publik pada beberapa kecamatan di Kabupaten
Aceh Tengah dalam mengurus SKM adalah faktor keadilan mendapatkan pelayanan.
Kata kunci : Pelayanan publik, variabel indikator pelayanan, statistika deskriptif,
analisis faktor.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PT. PLN (PERSERO) (STUDI DESKRIPTIF PADA KELURAHAN DRIEN RAMPAK KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT ) (Ardiansyah, 2015)
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP LEMBAGA OMBUDSMAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Khulis, 2018)
DAMPAK PEMEKARAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN LEMBAH SABIL KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (said razi sandika, 2018)
MULTIDIMENSIONAL SCALING PADA SEKTOR PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN ACEH BARAT (Jumi Hasniati, 2021)
PELAKSANAAN TUGAS APARATUR PEMERINTAH KECAMATAN DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIKRN(STUDI KASUS DI KECAMATAN BLANGJERANGO DAN KUTA PANJANG KABUPATEN GAYO LUES) (Sofyan Efendi, 2014)