PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS CERPEN PADA KELAS VII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS CERPEN PADA KELAS VII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH


Pengarang

Cut Zahratul Baidha - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106102010011

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci : pembelajaran, menyusun, teks cerita pendek,
Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Menyusun Teks Cerpen pada Kelas VII SMP Negeri 17 Banda Aceh”. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menyusun teks cerpen pada kelas VII SMP Negeri 17 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menyusun teks cerpen pada kelas VII SMP Negeri 17 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik dokumentasi, observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru yang mengajar pada kelas VII-2 berjumlah satu orang dan siswa yang mengikuti pembelajaran pada kelas VII-2 berjumlah 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran menyusun teks cerpen yang dirumuskan guru sudah sesuai dengan aturan RPP kurikulum 2013, namun ada sedikit kekurangan pada komponen penilaiaan. Guru tidak memaparkan penilaiaan kognitif dan psikomotorik untuk KD menyusun teks cerpen. Pelaksanaan pembelajaran menyusun teks cerpen sudah berjalan sesuai dengan kurikulum 2013 dan guru terlihat sangat baik dalam mengaplikasikan ketiga kegiatan pembelajaran tersebut. Evaluasi pembelajaran dilakukan berdasarkan indikator. Guru melakukan evaluasi saat proses pelaksanaan pembelajaran dan sesudah proses pelaksanaan pembelajaran.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK