//

ANALISIS DAN PERANCANGAN SUDU TURBIN GAS PENGGERAK KOMPRESOR K-5603

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad azhar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Instalasi turbin gas adalah inti dari industri gas alam dalam mengolah gas umpan hingga menjadi LNG. Bagaimana tidak, pada zaman modern ini turbin gas adalah mesin yang mampu bekerja dalam jangka waktu lama dan efisiensi tinggi. Selain itu dengan menggunakan bahan bakar gas metana turbin gas menghasilkan emisi gas buang rendah. Saat ini performansi turbin gas banyak dimodifikasi dari TIT (Turbine Inlet Temperature) hingga rasio tekanan kompresor. Performansi turbin gas ditunjukkan dalam modifikasi sederhana untuk meningkatkan kinerja turbin hingga dilanjutkan dengan perancangan. Dari tindakan tersebut menghasilkan jumlah sudu ideal, tinggi sudu, jarak pitch dan chord dari sudu turbin tersebut sesuai dengan temperatur masuk turbin. Mengingat temperatur masuk turbin sangat mempengaruhi bentuk sudu turbin, picth/chord rasio, aspect rasio, tinggi sudu dan jumlah masing masing sudu diam dan sudu gerak, sehingga dalam perancangan dirancang bentuk sudu sesuai dengan daya yang ingin dihasilkan turbin tersebut. Tujuan perancangan ini untuk memberikan informasi bentuk segitiga kecepatan root dan tip, jumlah sudu dan rasio picth/chord pada sudu dengan performansi maksimal. Perancangan ini juga menghitung besar daya yang dibutuhkan kompresor TB, daya yang diperlukan kompresor KT, daya yang dihasilkan turbin TK, dan daya yang dihasilkan turbin TB. Dalam perancangan ini diperoleh hasil picth/chord rasio stator 0.89 dan pada rotor 0.84, tinggi stator 0.0679 m dan rotor 0.1059 m, panjang chord stator 0.0226 m dan chord rotor 0.0353 m, panjang picth stator 0.02011 m dan 0.02965, sedangkan jumlah sudu diam 395 dan sudu gerak 268. Kata kunci: Turbin gas, LNG, Kompresor.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH JUMLAH SUDU PADA KINERJA TURBIN DARRIEUS TIPE-H (TJUT NAUFAL MAQBUL, 2013)

PENGUJIAN TURBIN PROPELLER DENGAN HEAD RENDAHRNDI DESA LHOK SANDENG KABUPATEN PIDIE JAYA (Munadil Haq, 2015)

PENGARUH KECEPATAN ANGIN DAN JUMLAH SUDU TERHADAP DAYA TURBIN ANGIN PROPELER (Dewi Maryam, 2019)

DESAIN DAN ANALISIS NUMERIK PADA SUDU TURBIN ANGIN TIPE HORIZONTAL SKALA KECIL DENGAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD) (M OKI NUGRAHA LUBIS, 2019)

PENGARUH PANJANG SUDU TURBIN ANGIN SUMBU HORIZONTAL TERHADAP PUTARAN POROS (Said Fadhlillah, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy