PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTSN RUKOH BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/ 2015 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTSN RUKOH BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/ 2015


Pengarang

Herman - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106101020027

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci: Pengaruh, Tipe Quick on the Draw, Prestasi Belajar Siswa.
Penelitian yang berjudul “ Pengaruh pembelajaran koopeeratif rtipe Quick on the draw terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran IPS di MTsN Rukoh Banda Aceh Tahun ajaran 2014/ 2015. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Quick on the draw terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS siswa di MTsN Rukoh Banda Aceh, tujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Quick on the Draw pada mata pelajaran IPS dan Seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quick on the draw pada pembelajaran IPS di MTsN Rukoh Banda Aceh. Pendekatan yang dignakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Rukoh Banda Aceh pada tahun ajaran 2014/ 2015. Yang menjadi sampel adalah kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan cara tes yang dilakukan hanya tes akhir (post-test), yang digunakan untuk mengetahui aspek kemampuan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi produk moment dan data tersebut diolah dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan prestasi siswa pada kelas eksperimen lebih meningkat daripada kelas kontrol. Pada kelas VIII-2 (kelas kontrol) siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 48,37 persen dan kelas VIII-3 (kelas eksperimen) siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 80,63 persen. Perhitungan korelasi (r) untuk mencari pengaruh antar variabel X dan Y diperoleh hasil sebesar 0,96 hal tersebut menunjukkan bahwa adanya hubungan erat antara variabel X (nilai hasil siswa belajar kooperatif tipe Quick on the draw) dan variabel Y ( nilai prestasi belajar konvensional).

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK